Dishub Mahulu Rencana Alihkan Transportasi Bersubsidi ke Long Pahangai dan long Apari

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Perjalanan Subsidi Ongkos Angkut (SOA) Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) sangat membantu masyarakat kurang mampu. SOA itu dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Mahulu, sejak 2017 hingga kini.

“Pertahun total SOA yang dikelola oleh Dishub Mahulu sebesar Rp 10 miliar,” jelas Kepala Dishub Mahulu, Toni Imang, melalui Kabid Transportasi Darat dan Sungai Dishub Mahulu, Darsono kepada Disway-Nomor Satu Kaltim di Ujoh Bilang, Senin (12/10/2020).

SOA tersebut digunakan untuk subsidi ongkos angkutan transportasi Sungai Mahakam bagi masyarakat Mahulu. Penandanya, masyarakat kurang mampu wajib memiliki kartu khusus yang menyatakan kurang mampu. Sehingga dibebaskan dari ongkos angkutan speed boat khusus SOA.

“Angkutan speed boat bersubsidi (SOA) melayani transportasi Ujoh Bilang-Kubar, serta Long Bagun-Long Pahangai-Long Apari, pergi dan pulang setiap hari,” beber Darsono.

Selama 4 tahun terakhir, dalam penilaian Dishub, cenderung bermanfaat jika angkutan speed boat SOA tersebut rutenya dialihkan ke wilayah pehuluan (Long Pahangai dan Long Apari).

“Dishub akan berkoordinasi dengan Pemkab Mahulu. Rencana dialihkan terbanyak rute angkutan atau transportasi SOA tersebut ke wilayah Long Pahangai dan Long Apari,” ujarnya.

Hal itu karena melihat kondisi transportasi masyarakat menuju dua kecamatan di pehuluan Sungai Mahakam mendesak.

“Karena bea atau ongkos transportasi dari Long Bagun ke Long Pahangai dan Long Apari sangat mahal. Jalan darat belum layak dari ibukota Ujoh Bilang, sehingga sungai sebagai alur transportasi utama masyarakat,” ungkapnya.

Pertimbangan lainnya, rencana Dishub Mahulu mengurangi rute transportasi SOA ke Kubar, karena ekonomi masyarakat di dua kecamatan yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia tersebut sangat memerlukan subsidi pemerintah.

“Dishub akan ajukan ke Pemkab, untuk pembatasan rute transportasi SOA ke wilayah hilir. Beralih diperbanyak jadwal speed boat SOA dari Long Bagun ke Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari,” tandasnya. (imy/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar