Tingkatkan Keamanan, Lapas Perempuan Samarinda Ajukan Perluasan Lahan

Kukar, nomorsatukaltim.com – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Samarinda ajukan permohonan terkait kebutuhan lahan sekitar lapas. Untuk penambahan fasilitas pengamanan.

Ya, LPP Kelas IIA Samarinda memang berada dekat dengan permukiman masyarakat. Berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib). Bukan menyalahkan masyarakat sekitar, namun ada saja oknum yang memanfaatkan untuk melempar barang terlarang ke area Lapas. Seperti yang ditemukan beberapa kali oleh petugas.

Seperti pemusnahan barang yang dilakukan belum lama. Banyak barang terlarang yang didapati petugas. Selain mengelabui penjaga pintu, barang-barang yang dimusnahkan tersebut tidak sedikit juga ditemukan berasal dari luar yang dilempar ke dalam. Sebut saja, seperti telepon genggam, korek api, dan barang terlarang lainnya.

“Gangguan kamtib yang memang kami tidak duga kapanpun,” ujar Kepala LPP Kelas IIA Samarinda Sri Astiana.

Apabila disetujui pemerintah daerah, LPP Kelas IIA Samarinda, akan membangun beberapa fasilitas penunjang. Seperti rumah dinas petugas. Hingga membangun pos jaga atas. Sehingga bisa menempatkan petugas untuk berjaga dan memantau dari ketinggian.

“Salah satu solusinya perluasan tempat, kalau memang diberikan bisa mendirikan pos atas. Bisa ditempatkan petugas di sana, jadi bisa termonitor langsung,” lanjut Sri Astiana.

Sri Astiana memaklumi belum ada tindak lanjut lagi. Salah satu faktornya, LPP Kelas IIA Samarinda yang terletak di Kukar. Sehingga bisa saja menjadi penghambat untuk proses pelaksanaan pemenuhan kebutuhan tersebut. (mrf/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar