Kembali ke Laut


Atlet layar Berau berlatih teknik di laut.(IST)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Latihan di laut kembali dilakukan. Oleh atlet layar. Setelah beberapa bulan latihan fisik mandiri di darat.

Latihan dilakukan untuk mempersiapkan atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 mendatang. Sebab menurut Ketua Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Berau, Kosim Nor Seha, atlet Porlasi Berau sebagian besar mewakili Kalimantan Timur di PON. Sehingga persiapan harus matang.

Kembali latihan seperti biasa dilakukan, karena belum diketahui kapan pandemik COVID-19 akan berakhir. Sementara atlet harus dipersiapkan. Mesti latihan maksimal.

“Ada 12 atlet yang digembleng. Mereka akan tergabung di kontingen Kaltim di PON Papua. Saya putuskan kembali mengaktifkan latihan rutin. Dikhawatirkan atlet akan tak siap bila latihan ala kadarnya,” katanya.

Dikatakan, waktu menuju PON sudah semakin dekat. Sehingga kualitas atlet harus terus digenjot. Baik fisik, mental, maupun teknik.
“Pematangan harus benar-benar maksimal,” jelasnya.

Kendati telah melakukan latihan rutin seperti biasa, pihaknya tidak mengabaikan protokol kesehatan. Jam latihan sedikit berkurang dari biasanya. Demi menjaga kesehatan atletnya di tengah pandemik COVID-19.
Menggembleng atlet memang harus dilakukan. Sebab raihan prestasi atlet Berau termasuk mentereng di setiap turnamen layar.

Kosim yakin, anak didiknya mampu memberikan prestasi bagi Kalimantan Timur. Apalagi dalam Pra PON yang digelar di Indonesia National Sailing Centre (INSC) Jakarta Utara, Oktober 2019 lalu, atletnya meraih juara umum. (*)

Saksikan video menarik berikut ini: