Berau Dapat Hibah Aset Rp 2,3 Miliar

Pjs Bupati Berau, M Ramadhan menandatangani berita acara serah terima aset dari Kementerian ESDM.(Humas Pemkab Berau)

Kementerian ESDM membuka peluang kepada setiap daerah untuk menyampaikan bantuan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.

TANJUNG REDEB, DISWAY – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi dan Badan Geologi menyerahkan aset kepada 33 kabupaten/kota dan 4 provinsi. Salah satunya yang menerima adalah Kabupaten Berau.

Total aset yang diserahkan senilai Rp 129 miliar. Kabupaten Berau menjadi salah satu daerah yang mendapatkan hibah aset berupa PLTS penerangan Jalan Umum (PJU) dengan nilai Rp 2,3 miliar. Aset diserahkan Irjen Kementerian ESDM, Akhmad Syakhroza kepada Pjs Bupati Berau, M Ramadhan, Jumat (9/10) di Jogjakarta.

Sekretaris Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Halim Sari Wardana menyampaikan, total aset yang diserahkan sebanyak 4.039 unit yang tersebar di 33 kabupaten/kota dan 4 provinsi. Aset tersebut diantaranya, pembangkit listrik, PJU, PLTS, hingga sumur bor. “Ini merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat kepada daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Irjen Kementerian ESDM, Akhmad Syakhroza mengatakan, bahwa program ini telah direncanakan sejak awal. Di mana kegiatan yang dijalankan kementerian di setiap daerah muaranya akan dihibahkan. “Untuk menegakkan program nawacita dari Pak Jokowi yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor ekonomi domestik,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, agar pemerintah daerah bisa membantu pemerintah pusat dalam mewujudkan target tersebut. Dengan mengajukan bantuan sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap daerah. Sehingga pemerintah pusat bisa merealisasikan bantuan berdasarkan kebutuhan yang ada di masyarakat.

“Kita terus berupaya melakukan percepatan dan peningkatan energi terbarukan melalui perluasan jaringan PLN, pembangunan infrastruktur,” katanya.

Diungkapkan, bahwa saat ini kebutuhan energi di masyarakat sangat besar. Dan sejauh ini masih ada beberapa yang belum menikmati secara maksimal. Sehingga upaya terus dilakukan.

“Seperti penerangan jalan umum tenaga surya, biogas kumunal, PLTS, pembangkit listrik mikro hidro, tenaga hybrid, rooftop PLTS yang bisa ditempatkan di pedesaan. Begitu juga dengan pentingnya akses air bersih. Silakan ajukan untuk bantuan ini,” imbaunya.

Hibah aset ini pun mendapat respons dari Pemkab Berau. Pjs Bupati Berau, M Ramadhan memberikan apresiasi atas perhatian yang telah diberikan Kementerian ESDM. Karena bantuan ini membantu pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Di mana bantuan berupa PJU ini cukup diperlukan untuk daerah yang belum mendapatkan aliran listrik.

“Kita juga nanti akan melakukan inventarisir terkait kebutuhan yang ada di setiap kecamatan dan kampung, begitu juga dengan potensinya. Karena kementerian telah memberikan ruang untuk bantuan ini. Kita harap di tahun berikutnya bantuan yang diterima bisa bertambah lagi,” pungkasnya. HUMAS/APP

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar