Siapkan Dua TPS di Rutan

DI Rutan, KPU Berau berencana menyiapkan dua TPS.(dok)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menempatkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rutan Kelas II B Tanjung Redeb. Tujuannya menampung hak suara warga binaan pada pilkada 9 Desember mendatang.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto menyebut, pemilih di Rutan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tambahan. Bahkan, pihaknya telah melakukan pendataan sebagai persiapan menjamin penyaluran hak pilih di Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb.

Berdasarkan data sementara, ada 532 orang dari sekira 700 lebih warga penghuni Rutan. Namun, jumlah itu belum final. Bisa berkurang atau bertambah. Akibat penambahan atau narapidana yang bebas.

“Dari jumlah pemilih tambahan (Rutan), kami siapkan 2 TPS. Karena maksimal per TPS 500 pemilih,” ucapnya.

Selain itu, ungkapnya, pihaknya juga mendapatkan kendala dalam pendataan hak suara di Rutan untuk dimasukkan ke DPT tambahan. Sebab, tidak semua warga binaan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Atau tidak semua terdata sebagai warga Kabupaten Berau.

Untuk itu, KPU Berau akan mendata berdasarkan nama warga binaan dan nama orangtuanya. Selanjutnya, akan dikoordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk memastikan keabsahan administrasi kependudukan. Kebenaran identitasnya.

“Pola pendataan warga binaan Rutan nantinya, akan disandingkan hasil verifikasi dengan Disdukcapil, sehingga data-data yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah dipastikan bahwa tercatat sebagai warga Berau dan telah memiliki syarat untuk memilih,” jelasnya.

“Karena kami komitmen, warga binaan yang memiliki hak suara bisa menyalurkannya pada 9 Desember mendatang. Yang tidak memiliki KTP akan kami koordinasikan dengan instansi terkait,” tambahnya.

Untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Rutan Kelas IIB, akan direkrut dari Sipir Rutan. Dan tenaga KPPS yang akan disiapkan sebanyak 7 orang.

“KPPS dari sipirnya, karena kalau orang luar tidak ada yang berani garansi. Kami akan melaksanakan rapat koordinasi dengan pihak Rutan terkait ini,” pungkasnya. */JUN/APP

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar