Bantuan Usaha sudah Cair


Penerima Banpres PEN di Kabupaten Berau sebagian besar usaha kuliner.(antara)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Bantuan Presiden (Banpres) pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk usaha mikro Rp 2,4 juta telah cair. Masuk ke rekening pelaku usaha di Berau.

Pelaku usaha yang diusul terima bantuan sebanyak 1.300. “Kami belum melakukan pendataan. Tapi tadi ada yang melapor 2 orang sudah terima,” ungkap Kabid Koperasi dan UMKM Diskoperindag Berau, Hasnawati, Kamis (8/10).

Dia menjelaskan, program PEN bukan sebagai jaring pengamam sosial. Melainkan modal untuk pemulihan ekonomi pelaku usaha mikro. Salah satu syaratnya, memiliki modal di bawah Rp 50 juta.

Hasnawati mengungkapkan, banpres sangat membantu pelaku usaha mikro. Karena sangat terganggu pendapatannya di tengah pandemik. Namun ia mengingatkan, pelaku usaha mikro untuk mempergunakannya dengan baik.

Dikatakan, tidak semua bisa menerima. Sebab ada persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti pelaku usaha buka PNS, Polri atau TNI. Bukan juga karyawan BUMN dan BUMD, dan tidak terakses KUR.

Ditambahkan, selain Diskoperindag, lembaga lain seperti bank juga mengajukan beberapa usaha mikro untuk mendapatkan bantuan. Walaupun kementerian lebih memprioritaskan usulan Diskoperindag. “Namun jika ada yang belum diusulkan diharapkan lembaga lain mengusulkan,” katanya..

Diungkapkan, penerima Banpres PEN sebagian besar usaha kuliner, terutama kaki lima. “Banpres PEN hanya untuk satu kali pencairan,” tandasnya. (RAP)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar