Wujudkan Pilkada Berintegritas

PJS Gubernur Teguh Setyabudi (tiga kiri) menjadi salah satu narasumber Respons Kaltara, Rabu (7/10). (HUMAS PEMPROV KALTARA)


Teguh Ingatkan Protokol Kesehatan

TANJUNG SELOR, DISWAY – Ajakan mewujudkan Pilkada Serentak 2020 di Kalimantan Utara (Kaltara) yang berintegritas, disampaikan Pjs Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi ketika menjadi narasumber Respons Kaltara, Rabu (7/10).

Selain sukses dalam penyelenggaran pilkada, yang tak kalah penting baginya yaitu sukses mencegah penularan COVID-19. Untuk itu, ia mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Penyelenggara dan pemerintah, saya minta kita bekerja keras untuk menyukseskan agenda besar ini,” kata Teguh.

Ia juga meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltara melakukan tugas dan fungsi sesuai kewenangan. Terlebih lagi menyangkut netralitas aparatur sipil negara (ASN), serta penegakan protokol kesehatan.

“Serta kepolisian membantu pengamanan agar target kita bisa tercapai,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Kaltara, Suryani mengingatkan ASN menjaga netralitas. Pasalnya, ada sanksi menanti bagi ASN yang ketahuan tidak netral. Seperti sanksi administratif, bahkan pidana.

“Biasanya diketahui dugaan ASN tidak netral itu karena laporan,” katanya.

Sedangkan Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami mengungkapkan, pelaksanaan tahapan pilkada masih terus berjalan. Ia berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dapat berjalan aman. Dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Sinergi antara penyelenggara pilkada dan pemerintah harus ada. Karena itu, koordinasi dan komunikasi semua pihak sangat diperlukan, agar Pilkada Serentak 2020 di Kaltara dapat berjalan damai,” ujarnya.

Berkaitan dengan maraknya akun medsos, KPU Kaltara juga telah memberikan imbauan kepada setiap paslon. Untuk mendaftarkan akun resminya ke KPU.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltara, AKBP Budi Rachmat menyatakan bahwa sejauh ini pihaknya memantau sejumlah akun di sosial media. Guna meminimalisasi penyebaran berita bohong maupun ujaran kebencian.

“Kami tetap berkoordinasi dengan KPU maupun Bawaslu, untuk ikut menyukseskan pilkada tetap aman dan damai. Karena tugas dan fungsi kami adalah menjaga kondusifitas,” ujarnya. HMS

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar