Gedung Gakkum Ditpolairud Polda Kaltim Terbakar, 18 Tahanan dan Berkas Penyidikan Selamat

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Salah satu bangunan milik Ditpolairud  Polda Kaltim yang berada di Jalan Abdul Wahab Syahrani, RT 85 Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara, pada Rabu (7/10/2020) pukul 09.20 Wita terbakar. Bangunan yang terbakar tersebut adalah milik bagian Gakkum Ditpolairud Polda Kaltim, di mana pada gedung tersebut terdapat ruang tahanan dan juga ruang penyidikan.

Ditemui usai musibah kebakaran tersebut, Dir Polairud Polda Kaltim, Kombes Pol Tatar Nugroho mengatakan, saat api terlihat pihaknya langsung menginstruksikan personel untuk mengamankan para tahanan dan sejumlah berkas yang ada di ruangan.

“Pertama kita amankan dulu para tahanan, ada 18 orang, kita langsung evakuasi mereka. Kita selamatkan anggota dan berkas kita, kemudian kita cek aman semua,” ujarnya di lokasi kejadian.

Lanjut Tatar, setelah memastikan semua tahanan dan berkas telah dievakuasi oleh personelnya, tak lama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan tiba di lokasi dan langsung menjinakkan api yang mulai membesar.

“Semua lengkap, juga termasuk berkas saksi-saksi aman, langsung kita lapor ke pemadam Kota Balikpapan. Setelah tiba api langsung dikuasai tadi,” jelasnya.

Tatar pun memberi apresiasi kepada petugas BPBD Kota Balikpapan lantaran cepat tanggap dalam merespon laporan tersebut.

“Pemadam kita beri apresiasi dan ucapan terima kasih ya, kurang lebih dari 15 menit sudah bisa dikuasai api di sini,” tambahnya.

Saat api membesar dan pihak BPBD Balikpapan tiba di lokasi, Tatar pun langsung meminta untuk mengeblok api agar tidak merambat ke bangunan asrama yang berada di depannya.

“Kemudian kita amankan dulu agar api tidak ke arah asrama, ini yang penting karena jika ke asrama, api bisa semakin merembet ke bangunan lainnya,” ujarnya.

Ditanya asal api dan penyebabnya, Tatar mengaku tidak ingin menduga-duga dulu. Ia menyebut, jika asal api dari bagian tengah atau lobi bangunan Gakkum Polda Kaltim.

“Jam 9.26 Wita itu asap tebal terlihat dari bagian tengah, lobi itu. Karena sebagian bangunan bagian atas terbuat dari kayu, api dengan cepat menyebar,” jelasnya.

Pihaknya pun menyerahkan sepenuhnya penyelidikan penyebab kebakaran ini kepada pihak Polresta Balikpapan.

“Dugaan belum bisa kita duga-duga, nanti akan ada tim yang melakukan penyelidikan. Api berawal dari tengah lobi ruang Gakkum. Dan menyebar karena masih sebagian terbuat dari kayu ya,” tegasnya.

Sementara di lokasi yang sama, Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno mengatakan pihaknya telah mengerahkan sedikitnya 10-13 unit mobil pemadam kebakaran dan water supply untuk memadamkan api di Ditpolairud Polda Kaltim.

“Info adanya kebakaran kami terima sekitar pukul 9.30 dan kami langsung kerahkan unit di Utara dan Barat,” ujarnya.

Suseno pun menegaskan, jika yang terbakar adalah satu buah kantor di bagian bawah Ditpolairud Polda Kaltim.

“Satu bangunan kantor milik Polairud Polda Kaltim,” jelasnya.

Dalam waktu lebih kurang 15 menit, api berhasil dijinakkan oleh BPBD Kota Balikpapan.

“Karena TKP berada di pinggir jalan, juga jalan cukup sepi sehingga petugas dengan cepat tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman, khususnya untuk unit yang ada di Utara dan Barat. Tidak sampai 15 menit api berhasil kita padamkan dan saat ini tahap pendinginan,” tambahnya. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar