Sinar Mas Land Bangun Unit Baru, Langkah Agresif di Tengah Pandemi

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Meski terpukul pandemi, PT Sinar Mas Land (SML) tetap melakukan pembangunan unit rumah baru. Yaitu dengan memulai pembangunan rumah massal di Cluster Hayfield. Dengan total pembangunan 184 unit.

Head Division Kalimantan dan Sulawesi PT Sinar Mas land Limjan Tambunan mengatakan, pembangunan unit baru tersebut bagian dari proyek Grand City Balikpapan. “Kita baru saja start lagi bangun rumah massal di Cluster Hayfield,” katanya, saat dijumpai Senin (5/10/2020).

Pada pandemi COVID-19 ini, sektor properti tentu ikut terdampak. Penurunan terlihat dengan turunnya transaksi. Akibat efek yang ditumbulkan di masa pandemi ini.

Efeknya adalah kekhawatiran yang beragam. Mulai nilai investasi tidak naik. Khawatir dengan isu bahwa di masa pandemi harus pegang uang tunai, resesi, dan kekhawatiran lainnya.

Penjualan properti bersifat fisik mengharuskan pembeli survei lokasi sebelum membeli. Bahkan ada pembeli yang harus tatap muka dulu dengan sales untuk mendapatkan penjelasan lebih detail tentang produk, harga, promo dan cara bayar.

Sementara dalam kondisi saat ini, pembeli agak sedikit khawatir untuk keluar rumah.  “Buyer takut atau khawatir bertemu orang lain. Intinya, masa pandemi sangat berdampak untuk usaha bidang properti,” tuturnya.

Dengan turunnya permintaan, penjualan Januari-September 2020 mengalami penurunan. Angka itu apabila dibandingkan dengan Januari-September 2019. “Sudah tentu turun,” ujarnya.

Baca Juga: TPA Manggar dan KIK Cari Investor

Berdasarkan data, penjualan Grand City periode Januari – September 2019 mencapai sekitar Rp 150 miliar. Sedangkan Januari – September 2020 Grand City baru membukukan penjualan Rp 90 miliar.

Grand City merupakan proyek ketiga PT Sinar Mas Land di Balikpapan. Sebelumnya, SML telah melakukan ekspansi dengan proyek Balikpapan Permai dan proyek Balikpapan Baru.

Dalam proyek ketiga, Grand City Balikpapan akan merangkum 20 klaster hunian eksklusif dan kawasan komersial yang terdiri dari pusat perbelanjaan, hotel dan perkantoran. Lokasinya ada di Jalan MT Haryono.

Pihaknya tetap optimistis di tengah pandemi ini. Dengan berbagai strategi penjualan yang dikeluarkannya. Di antaranya mengeluarkan Program Move In Quickly (MIQ).

Kata dia, metode penjualannya dilakukan adalah melakukan event virtual webinar dengan tagline beli rumah dari rumah. Kemudian semua marketing tools dibuat digital seperti e-flyer, e-brochure.

Dengan startegi yang diprogramkan, Sinar Mas Land tetap optimis akan mencapai target. “Bahwa di dalam masa sulit seperti pandemi ini, pasti masih ada opportunity di dalamnya,” ujarnya. Dengan program MIQ ini, pihaknya terus memberikan promo dan pelayanan terbaik untuk calon konsumen Grand City. (fey/eny)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar