KONI Samarinda-Balikpapan Sepakat, Haram Rekrut Atlet Luar Kaltim

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Pemakaian atlet luar Kaltim menjadi pembahasan utama saat KONI Samarinda melakukan kunjungan ke KONI Balikpapan, Selasa (6/10/2020).

Ya, selama ini pemakaian atlet luar Kaltim kerap terjadi di setiap multi event, Porprov hingga PON. Setiap daerah kadang melakukannya demi bisa meraih pundi-pundi medali emas.

Ketua Harian KONI Balikpapan Muslimin Amin mengatakan bahwa pengurus KONI Samarinda menginginkan semua daerah tak lagi merekrut atlet luar Kaltim.

“Kawan-kawan dari KONI Samarinda sadar bahwa penggunaan atlet dari luar Kaltim tidak berkontribusi positif terhadap perkembangan prestasi Kaltim, khususnya menjelang pelaksanaan PON,” ujarnya.

Maka dari itu baik KONI Balikpapan maupun Samarinda mendorong agar persoalan tersebut menjadi perhatian utama KONI Kaltim. Terutama mengharamkan penggunaan atlet luar.

Selain soal rekrut atlet luar, mutasi atlet daerah juga menjadi pembahasan. Selama ini terutama di Porprov masih ada atlet yang memperkuat dua daerah dalam satu event.

“Artinya kita sudah sepemahaman, kami sambut baik komunikasi yang dibangun KONI Samarinda,” kata dia.

Sementara itu Ketua Bidang Kerja Sama Dalam dan Luar Negeri KONI Samarinda Samchizal Huzain menjelaskan tujuan  utama kunjungan tersebut yakni agar prestasi olahraga di Kaltim terus mengalami peningkatan. Agar prestasi olahraga di Kaltim semakin meningkat.

Hal tersebut agar Kaltim masih menjadi kontingen luar Pulau Jawa yang diunggulkan. Perlu diketahui Kaltim selalu tembus lima besar dalam dua edisi terakhir PON. Bahkan ketika menjadi tuan rumah 2008 lalu, Benua Etam duduk di peringkat tiga.

“Tentu ada kerja sama yang perlu dijalin. Poin utama adalah kita ingin punya visi yang sama untuk memajukan olaharaga di Kaltim,” kata Samchizal.

Di sisi lain, dari kunjungan ini juga membuka peluang bagi atlet Samarinda dan Balikpapan untuk latihan bersama. Mengingat kedua daerah tersebut cukup berkontribusi di setiap multi event Pekan Olahraga Nasional (PON). Ada 42 atlet asal Balikpapan dan 100-an atlet Samarinda yang bakal tanding di PON XX Papua tahun depan. (fdl/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar