Kecepatan Meningkat


Atlet panjat tebing Berau melakukan latihan boulder, beberapa waktu lalu.(IST)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Meski hanya latihan ringan di tengah pandemik COVID-19, namun speed atau kecepatan atlet panjat tebing Berau meningkat.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Berau, Jarwan, mengaku tetap meminta atlet melakukan latihan rutin.

“Waktunya fleksibel, kami tidak memaksakan harus hari ini atau sekian jam latihannya. Hanya meminta rutin latihan untuk menjaga fisik. Jumlah mereka juga dibatasi,” ujarnya, Senin (5/10).

Apalagi, katanya, belum ada agenda atau kejuaraan tahunan dari Pengprov FPTI Kaltim. Biasanya, jika ada lomba atau try out, daerah diinformasikan. Agar mempersiapkan atlet.

“Belum ada info apapun soal agenda tahunan. Biasanya kami diundang ke Pengprov Kaltim membahas agenda lomba bersama-sama. Memang saat ini, pandemik COVID-19 banyak memengaruhi banyak pertandingan olahraga, termasuk di cabor panjat tebing,” jelasnya.

Walau tak ada lomba, Jarwan meminta atlet selalu mempersiapkan diri. Dan dijalankan. “Melihat kemampuan atlet panjat tebing, kami optimistis mampu bersaing bila ada kejuaraan yang diadakan. Termasuk di Porprov Kaltim VII 2022,” tandasnya.

Dalam menunjang latihan, Jarwan mengaku berupaya memaksimalkan menyediakan tempat pemusatan latihan. Seperti menyelesaikan renovasi lintasan speed world record di halaman SMA 2 Berau di Kelurahan Rinding, Teluk Bayur.

Tempat latihan lainnya, di jalan Diponegoro untuk nomor boulder (jalur pendek). “Paling tidak ada yang bisa digunakan atlet melakukan latihan. Karena jika dibuat menjelang Porprov, jelas tidak maksimal dan target juara sulit dicapai,” pungkasnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini: