HUT Ke-75 TNI, Pesan Menguatkan Sinergitas

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Jiwa kebangsaan dan cinta tanah air terus digaungkan. Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah anak kandung rakyat. Begitu yang disampaikan oleh Komandan Kodim 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, dalam amanatnya pada upacara peringatan HUT ke-75 TNI secara virtual di Makodim 0912, Sendawar, Senin (5/10/2020).

“TNI bersama Polri dan juga pemerintah, terus mengawal Pancasila, UUD 1945, serta Bhinneka Tunggal ka. Diharapkan terus terjalin sinergitas untuk mendukung suasana tertib, kondusif dan aman,” tegas Anang Sofyan Effendi.

5 Oktober 2020, usia TNI tepat 75 tahun. Tema dalam HUT TNI tahun ini adalah tentang sinergitas. Hal itu sudah dilaksanakan antar TNI, Polri, Pemda, dan seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan usia 75 tahun, TNI terus menguatkan keamanan dan pertahanan bangsa dan negara. Dalam rangka mendukung pemerintah dan lapisan masyarakat,” tuturnya.

Pesan penting di masa pandemi COVID-19 ini, diminta agar seluruh lapisan menegakkan protokol kesehatan, Hal itu agar terlepas dari pandemi.

“Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh aparatur TNI, Polri, Pemkab, dan seluruh lapisan masyarakat yang telah bersinergi membangun daerah dan menjaga kedaulatan NKRI,” ucap Anang Sofyan Effendi.

Letak geografis Kabupaten Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu) yang berbatasan, membuat Kodim 0912 hingga saat ini masih membawahi wilayah teritorial Mahulu. Sehingga apa yang dilaksanakan Kodim 0912 di Kubar, maka itu pula yang dilakukan di Mahulu.

“Tanggung jawab saya Kubar dan Mahulu. Hingga saat ini tidak ada ancaman terhadap kedaulatan NKRI di dua kabupaten ini,” tegas Dandim Anang Sofyan Effendi.

Untuk memutus rantai pandemi COVID-19, Kodim 0912 bersama Polres Kubar tak tinggal diam. Selama ini dua instansi pengaman masyarakat dan negara itu sepanjang hari terus berada di lapangan.

“Sepanjang hari penegakan protokol kesehatan. Untuk Kubar ditegakkan Perbup Nomor 30, dan Mahulu ditegakkan Perbup Nomor 38. Selain sosialisasi prokes, maka segera ditegakkan sangsi sesuai yang dikatakan Ketua Tim Pencegahan COVID-19 dua kabupaten,” pungkasnya,

Pemkab Kubar juga mengapresiasi dan mendukung kuat keberadaan TNI Kodim 0912 Kubar. Pada peringatan HUT Ke-75 TNI diucapkan selamat, dan harapan agar terus bersama rakyat.

“Terlebih dalam menghadapi pandemi COVID-19, TNI bersama seluruh instansi giat siang dan malam d ilapangan bersama pemerintah, guna memutus rantai pandemi,” ucap Pejabat sementara (Pjs) Bupati Kubar, HM Syirajudin.

Sekadar diketahui, dalam upacara secara virtual itu dihadiri seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Kubar. (imy/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar