30.534 KK Terima Paket Sembako

TANJUNG SELOR, DISWAY – Selain program dari kementerian, Pemprov Kaltara berupaya mencari cara lain untuk mengentaskan kemiskinan di masa pandemik COVID-19 ini.

Salah satunya adalah kerja sama antara Dinsos Kaltara dengan perusahaan swasta. Yakni pengembangan kelompok usaha bersama.

Untuk program penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), yang pendanaannya dari Kementerian Sosial (Kemensos), bantuan yang diberikan berupa paket sembako.

“Bantuan yang telah dibagikan selama pandemik ini adalah sekitar 809 paket sembako per KPM (keluarga penerima manfaat). Bernilai Rp 200.000. Dan, penerimanya ditargetkan masyarakat yang belum tercover oleh bantuan lainnya, baik dari pusat maupun daerah,” tutur Kepala Dinsos Kaltara, Heri Rudiyono, belum lama ini.

Program pembagian sembako ini, diserahkan ke seluruh kabupaten dan kota di Kaltara. Yaitu Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Nunukan, Malinau, dan Tana Tidung. Dengan jumlah KPM sebanyak 30.534 kepala keluarga (KK).

“Masing-masing KPM menerima sejumlah uang yang disalurkan melalui Kartu Sembako. Jadi, uangnya harus dibelanjakan berupa sembako ke agen yang sudah ditunjuk,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kartu Sembako ini dulunya disebut Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang merupakan bantuan sosial pangan, yang disalurkan secara nontunai setiap bulan kepada KPM.

Pendaftaran peserta KPM sendiri dilakukan oleh Kemensos, kemudian akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran yang telah ditentukan. HMS/REY

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar