Striker Persiba Aji Kusuma Akui Masih Belum Maksimal

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Persiba Balikpapan kini sudah menjalani tiga laga uji coba. Dua kali melawan Borneo FC dan sekali melawan tim lokal Celebes FC. Hasilnya pelatih Alfredo Vera selalu mengeluhkan kinerja strikernya.

Bagaimana tidak, di uji coba pertama dengan Borneo FC tim asuhannya takluk tiga gol tanpa balas di Stadion Segiri Samarinda.  Kemudian bermain di Batakan, skuat Beruang Madu menahan imbang Pesut Etam 1-1. Gol dari Persiba pun tercipta bukan dari open play. Melainkan bola mati yang diciptakan Irsan Lestaluhu.

Pun dengan Celebes FC yang digelar beberapa waktu lalu. Meski menang 3-0, gol bukan dari striker. Tetapi gelandang Adam Maulana dua gol. Dan sebiji gol dari Indra Setiawan. Meskipun Indra sebenarnya juga bisa berperan sebagai striker sebelum bergabung dengan Persiba.

Tapi sejak musim lalu mantan top skor Liga 2 2018 lalu itu lebih banyak dimainkan sebagai penyerang sayap. Alhasil Vera pun lebih banyak mengandalkan Fredi Isir, Natalis Fernando, dan Aji Kusuma. Ketiganya selalu diberi kesempatan yang sama setiap laga uji coba. Hasilnya nihil.

Khusus Aji Kusuma. Pada pembukaan Liga 2 2020 Maret lalu dipasang Vera sejak menit pertama. Mantan striker Timnas U-19 itu menyumbangkan satu gol. Saat itu Persiba menang 3-2 atas Kalteng Putra. Aji mengakui masih belum kembali pada performa terbaiknya. Dia pun optimis dengan ditundanya kompetisi sebulan, bisa memaksimalkan kekurangan.

“Kalau saya pribadi masih harus fokus dan latihan keras lagi. Masih ada waktu untuk memperbaiki itu. Satu bulan sudah cukup untuk itu,” katanya, Ahad (4/10/2020).

Kendati penampilannya jauh dari ekspektasi pelatih, Aji enggan menjadikan beban. Justru dia menganggap sebagai motivasi untuk bisa lebih baik lagi.

”Kepercayaan diri harus ditingkatkan lagi. Semua sudah bagus termasuk chemistry antara pemain. Cuma belum ada gol saja. Jadi tinggal menunggu waktu,” tambahnya.

Aji pun optimis saat kompetisi bergulir lagi, target cetak gol tetap menjadi target utamanya bersama Persiba. Sekaligus melewati capaian jumlah golnya musim lalu  dengan tiga gol.

”Target cetak gol tetap ada. Tapi yang utama membantu tim untuk naik kasta,” pungkasnya. (fdl/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar