Ratusan Hektare Hutan di Kampung Mendung Terbakar

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Kebakaran hutan terjadi di lokasi eks Gapatar (sekitaran Kem Mentari) dalam wilayah Kampung Mendung, Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), sejak Sabtu (3/10/2020) malam. Ratusan hektare hutan diperkirakan ludes.

Informasi yang dihimpun nomorsatukaltim.com, api masih membakar hutan ilalang dan pakis. Sulit untuk pemadaman sepenuhnya, karena akses jalan kendaraan masuk ke titik api yang semakin menjauh dari jalan poros.

Pemkab Kubar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah terjun ke lapangan sejak Sabtu malam. Api masih berkobar, namun seluruh pihak akan bergerak aktif.

“Informasi yang saya terima, mulai tadi malam (Sabtu malam,red,) anggota BPBD Kubar sudah di lapangan, baru kembali pukul 4 subuh,” terang Sekretaris Daerah Kubar, Ayonius yang dihubungi nomorsatukaltim via seluler, Minggu (4/10/2020).

Personel BPBD Kubar terus berada di lapangan untuk memadamakan api tersebut. Kondisi padang ilalang dan gambut pakis yang kering di kawasan Kampung Mendung, membuat api dahsyat merambat.

“Sekarang (Minggu siang) personel BPBD Kubar berdasarkan informasi, sudah siap berangkat lagi ke lokasi kebakaran di Mendung,” tulis Sekda dalam pesan singkat SMS.

Begitu pula Kodim 0912 Kubar, personel Koramil Kecamatan Muara Pahu juga tanggap darurat sejak semalam berada di lapangan.

“Para Babinsa sudah berada di lapangan untuk membantu pemadaman kebakaran hutan itu. Diharap agar berhati-hati,” papar Komandan Kodim 0912 Kubar, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi via seluler kepada media ini.

“Saya imbau agar masyarakat yang akan membakar ladang, tidak dibenarkan dengan cara membakar. Jika akan membakar, tolong koordinasikan dengan kampung dan aparatur keamanan setempat,” pesan Dandim.

Hingga berita ini diturunkan, pihak BPBD Kubar belum berhasil dikonfirmasi.(imy/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar