Gudang Penyimpanan Kayu Terbakar, Korban Rugi Miliaran Rupiah

Kukar, nomorsatukaltim.com – Putra (24), wakar sebuah bangunan sarang burung walet tersentak kaget. Lantaran, saat sedang asyik beristirahat, dirinya dikejutkan dengan kobaran api yang menyala di sebuah gudang penyimpanan kayu. Tepatnya di tengah-tengah tumpukan kayu olahan. Dekat alat pemotong bandsaw (ruang pemotongan kayu).

Diketahui gudang penumpukan kayu tersebut, berada di Desa Sirbaya, Kecamatan Sebulu, milik Tukimin. Awal kejadian diketahui pada Sabtu (3/10/2020) malam sejak pukul 22.30 WITA hingga Minggu (4/10/2020) pukul 02.30 WITA dinihari.

Karena melihat api berkobar dengan besar, sontak saja dirinya berteriak dan meminta tolong. Karena berada di penumpukan kayu, api cepat merambat dan semakin membesar. Si pemilik gudang pun langsung menelpon petugas pemadam kebakaran untuk bisa mematikan api.

Kapolsek Sebulu IPTU Ishaq menjelaskan, sambil menunggu bantuan dari pemadam kebakaran (Damkar), saksi maupun warga sekitar mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Yakni menggunakan mesin Alkon.

“Penyebab masih diselidiki, keterangan yang jaga (wakar) api tiba-tiba nyala di tengah tumpukan kayu,” ujar Kapolsek Sebulu IPTU Ishaq pada Nomor Satu Kaltim, Minggu (4/10/2020).

Dari gudang penyimpanan kayu tersebut, pemilik hanya mampu menyelamatkan kayu yang belum terolah, atau kayu log. Sedangkan kayu-kayu lainnya tidak mampu diselamatkan. Sekitar 440 kubik kayu olahan hangus terbakar. Total diperkirakan kerugian mencapai Rp 1 miliar lebih.

Berdasarkan pantauan relawan di lapangan. Hingga pagi hari tadi, gedung penyimpanan kayu masih dilakukan pendinginan. Agar api kembali tidak menyala dan menyambar bangunan lain di sekitarnya. (mrf/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar