TPA akan Diperluas


Dikhawatirkan tak mampu lagi menampung sampah masyarakat, TPA sampah di Berau akan diperluas.(Feri/Disway)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Perluasan tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah akan dilakukan. Oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau. Alasannya, volume sampah yang terus meningkat.

Apalagi lahan masih memungkinkan. Yang digunakan baru 2 hektare dari luas lahan 12 hektare. Menurut Kepala DLHK Berau, Sujadi, Tahun 2021 akan dilakukan detail enginering design (DED) tahap dua zona aktif.

Sujadi mengaku harus dilaksanakan. Kalau tidak, dikhawatirkan tak mampu lagi menampung sampah masyarakat Berau. “Perluasan itu nanti masih di kawasan TPA yang lama,” katanya, belum lama ini.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau. Ia berharap agar rencana itu dapat direalisasikan.

Diakuinya, lahan yang tersedia cukup untuk menampung sampah. Hanya saja perlu pembangunan khusus. “Nanti dibuat lubang pembuangan sampah. Tidak boleh asal dumping. Sebab akan berdampak Berau sulit mendapatkan Adipura,” ungkapnya.

Diungkapkan, TPA saat ini masih mampu menampung. Namun karena kerusakan traktor dan dozer, sehingga sampah menumpuk. “Sementara dilakukan perbaikan,” tandasnya.

Diakuinya, beberapa waktu lalu sempat muncul aroma tak sedap dan mendapat keluhan masyarakat. “Tapi itu sudah diatasi,” pungkasnya. (FST)

Saksikan video menarik berikut ini: