Jaga Kebugaran


Al Hamid (Disway)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Atlet cabang olahraga (cabor) diminta tetap menjaga kebugaran. Menghadapi Popda dan Porprov Kaltim. Walau di tengah pandemik COVID-19.

Meningkatnya kasus konfirmasi COVID-19 di Berau dua hari terakhir, membuat Ketua KONI Berau, Al Hamid khawatir. Makanya, ia mengajak atlet cabor dan seluruh insan olahraga untuk menjaga kebugaran dengan olahraga. Guna meningkatkan imunitas tubuh.

“Tetap rutin berolahraga guna meningkatkan daya tahan tubuh. Ini sangat efektif, orang yang suka berolahraga tingkat risiko terinfeksinya rendah,” ujarnya, Jumat (2/10).

Apalagi saat ini, penyebaran virus corona semakin bertambah. Al Hamid menganjurkan berolahraga di dalam, atau di halaman rumah.

Bagi yang suka melakukan olahraga di luar rumah, sah saja. Namun kata dia, memiliki lokasi luas. Sehingga bisa menjaga jarak.

Rutin berolahraga dengan intensitas cukup dan rutin, dikatakannya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Akan menjadi salah satu faktor penting melawan dan mencegah virus corona.

“Tidak hanya kepada masyarakat, pengurus cabor dan atletnya juga kami imbau selalu menjaga fisik, namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena bagaimana pun kesehatan adalah yang utama dalam meraih prestasi,” tandasnya.

Hanya saja dalam olahraga atau latihan berat, ia meminta agar tidak menggunakan masker. Sebab, dapat menghambat masuknya oksigen ke dalam tubuh. Itu, katanya dapat berdampak buruk.

“Pakai masker hanya perjalanan dari rumah menuju tempat latihan. Kalau berolahraga sebaiknya dilepas. Karena berolahraga menggunakan masker, udara atau oksigen yang kita hirup akan terhambat masuk ke dalam paru-paru. Bisa fatal,” terangnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini: