Mau Bersalin, Ibu Hamil Gratis Rapid Test

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Tim Gugus Tugas COVID-19 Balikpapan menggratiskan rapid test bagi ibu hamil yang akan bersalin dalam waktu dekat.

Sedikitnya ada 27 puskesmas di enam kecamatan di Balikpapan yang memberikan pelayanan tes cepat itu. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebut, langkah itu diambil setelah adanya laporan, 43 orang dari lima ribu ibu hamil yang tercatat sejak Januari hingga September, terpapar virus asal Wuhan.

“Kami minta keluarga, atau suami yang saat ini istrinya sedang hamil untuk melakukan rapid test, setidaknya dua pekan sebelum melahirkan,” ujar Rizal, saat rilis, Kamis (1/10/2020) kemarin.

Pemkot sudah membuat surat edaran yang ditujukan ke masing-masing puskesmas. Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas rapid test gratis itu, untuk mengantisipasi upaya petugas atau bidan di tiap puskesmas. Agar jangan sampai ada kasus ibu hamil yang tertahan penanganannya hanya karena belum melakukan rapid test dua pekan sebelum waktu bersalin.

“Ini supaya diketahui kondisinya. Sehingga jika ada reaksi, dapat ditindaklanjuti agar saat melahirkan dalam keadaan sehat,” urainya.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan jadwal rapid test gratis di 27 puskesmas mengikuti jadwalnya masing-masing. Hal tersebut untuk menghindari pasien ibu hamil tercampur dengan pasien umum biasa.

“Karena tidak mungkin petugas kita tiap hari menunggu ibu hamil pakai baju hazmat,” imbuhnya. (ryn/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar