Diumumkan Oktober


Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Kantor BKPP Berau, belum lama ini.(Dok)

TANJUNG REDEB, DISWAY- Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon aparatur sipil negara (CASN) sudah selesai. Tinggal pengumuman.

Soal kapan dimumkan, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau Muhammad Said memprediksi Oktober 2020. Jika tahapan rekonsiliasi data lancar. Juga pembobotannya.

“Dilakukan pembobotan. Juga rekonsiliasi data dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,” katanya.

Sebab, menurutnya, ada beberapa daerah yang belum melaksanakan SKB. “Ada pendaftar di Berau yang mengikuti tes di luar daerah,” jelasnya, Kamis (1/10).

Setelah rekonsiliasi data dan pembobotan rampung, tambahnya, segera diumumkan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sesuai mekanisme.

Pembobotan sesuai Permenpan-RB no 36 tahun 2018, bobot nilai SKD 40 % dan SKB 60%.

“Setelah rekonsiliasi untuk menyingkronkan data, barulah pengumuman siapa saja yang lolos akan disampaikan. Memang usai SKB peserta sudah bisa mengetahui nilainya masing-masing, tapi yang menentukan lolos atau tidaknya adalah BKN, sesuai pembobotan.” jelasnya.

Dikatakannya, pelaksanaan seleksi CASN di Berau sempat tertunda karena pandemik COVID-19. SKB awalnya direncanakan Maret, namun baru bisa dilaksanakan pada September. Seluruh kegiatan berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksanaan SKB dilaksanakan 13 hingga 16 September lalu, dimana terdapat dua peserta gugur lantaran tidak ikut seleksi.

“SKB CPNS Berau diikuti 361 peserta, ada 160 peserta yang lolos yang akan diumumkan,” pungkasnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar