Zainal-Yansen Dinilai Paslon Ideal Pimpin Kaltara yang Majemuk

Ketua LSM Panjiku Muhammad Mansyur

Tanjung Selor – Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan sangat tepat memimpin provinsi termuda di Indonesia dengan kondisi masyarakatnya yang majemuk. Karena kedua sosok ini sama-sama memiliki tipikal yang tidak membeda-bedakan kelompok.

Hal ini dikemukakan Ketua LSM Panjiku, Muhammad Mansyur Rincing pada Rabu, 30 September 2020 menanggapi kelayakan paslon nomor urut 3 Pilgub Kaltara yang mencerminkan kemajemukan ini.

Pada sosok Zainal Arifin Paliwang selaku mantan jenderal polisi ini tentunya punya banyak pengalaman yang tak ternilai harganya yang telah disumbangkan kepada masyarakat selama mengabdi selaku aparat negara. Nilai-nilai kemajemukan pasti telah diaplikasinya selama memikul tugas dan tanggungjawabnya sebagai aparat kepolisian.

“Kalau pak Zainal ini kita tidak ragukan lagi soal kepemimpinan yang adil bagi semua kelompok. Makanya sangat layak menjadi Gubernur Kaltara yang sangat majemuk ini,” ujar Mansyur.

Sebelum menjabat Wakil Kapolda Kaltara, Zainal Arifin Paliwang ini dinilai telah mengetahui kondisi kultur di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kaltara. Oleh karena itu tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menjalankan kepemimpinannya di daerah itu.

Demikian pula dengan Calon Gubernur Kaltara, Yansen Tipa Padan pasangan dari Zainal Arifin Paliwang ini. Selama dua periode menjabat Bupati Malinau, mampu menjaga kondusifitas di tengah-tengah warganya termasuk memiliki perhatian kepada warganya yang beragama lain dari dirinya.

Bahkan, kata Mansyur, Yansen TP ini selalu memberikan sumbangan kepada warganya yang muslim baik memberikan anggaran pembangunan rumah ibadah juga seringkali ikut berkurban pada Hari Raya Idul Adha. Sosok pemimpin seperti sangat diidam-idamkan oleh masyarakat Kaltara yang terdiri dari banyak suku dan agama ini.

Mansyur berpandangan, kepedulian Yansen TP terhadap warganya yang tidak seiman dengannya membuktikan sosoknya sangat layak menjadi pemimpin di Kaltara karena menghargai keberagaman tersebut.

Kedua sosok ini, dia anggap sangat tepat dan ideal karena sama-sama punya pengalaman yang mumpuni. Zainal Arifin Paliwang dari aparat kepolisian dan Yansen TP dari politisi Demokrat yang memimpin Kabupaten Malinau.

Bahkan beberapa keberhasilan Yansen TP ini dalam membangun daerahnya selama dua periode telah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar