Lagi, Cawabup dan Kepala Bappeda Kutim Terpapar COVID-19

Kutim, nomorsatukaltim.com – Selain Calon Wakil Bupati (cawabup) Kutim Uce Prasetyo, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur, Edward Azran terkonfirmasi positif COVID-19. Informasi tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kutim, dr Bahrani Hasanal, saat ditemui, Kamis (1/10/2020).

Bahrani menjelaskan, untuk Cawabup dari nomor urut 2 ini dinyatakan positif COVID-19 karena timbulnya gejala.

“Terakhir beliau memang ada keluhan sesak napas sedikit, jadi doakan agar beliau cepat sembuh hingga bisa kembali beraktivitas seperti semula,” kata Bahrani.

Uce dikabarkan sudah sakit sejak 25 September 2020. Saat dilakukan tes swab, hasilnya negatif. Namun, saat dilakukan perawatan di salah satu rumah sakit swasta, perkembangannya kurang begitu baik.

“Selanjutnya dirujuk ke RSUD Kudungga Sangatta dan di-swab ulang, hasilnya kemarin terkonfirmasi positif,” ungkapnya.

Ia menambahkan, terkait yang pernah kontak erat dengan Uce, terutama tim sukses. Jika memiliki keluhan dan gejala COVID-19 lebih baik segera melapor Dinas Kesehatan atau rumah sakit. Agar bisa dilakukan langkah selanjutnya.

“Seperti pernah berkumpul satu ruangan paling sedikit 15 menit dengan radius satu meter dan menunjukkan gejala, lebih baik lapor ke kami. Kalau tidak ada gejala, sebaiknya juga lakukan isolasi mandiri di rumah,” bebernya.

Sementara itu, terkait dengan kasus COVID-19 yang menimpa Kepala Bappeda Kutim, Edward Azran, Bahrani juga memastikan hal tersebut. Menurutnya, seringnya Edward melakukan perjalanan keluar kota jadi penyebab utama.

“Beliau sering berkunjung ke Samarinda dan Tenggarong untuk berbagai macam keperluan. Bisa jadi ini penyebab beliau tertular,” paparnya.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan tracing di kantor-kantor dinas, terutama Bappeda dengan adanya kejadian ini. Kemungkinan prosesnya akan berjalan selama satu pekan ke depan.

“Entah nanti swab dari kami atau rapid yang dilakukan secara masing-masing dari ASN itu,” ucapnya. (bct/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar