Pembangunan Fisik Flyover Rapak Balikpapan Ditarget Mulai 2021

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Pembangunan flyover di Jalan Soekarno-Hatta, kawasan turunan Rapak, Balikpapan, jadi atensi Pemprov Kaltim.

Pada APBD Perubahan 2020, dialokasikan anggaran untuk persiapan pembangunan jalan layang tersebut.

“Kan sering terjadi kecelakaan di situ (kawasan turunan Rapak). Sudah beberapa tahun disusun desainnya. Tapi belum ada alokasi anggaran,” kata Sekdaprov Kaltim, M. Sa’bani, Rabu (30/9/2020).

Di APBD Perubahan 2021, pemprov mengalokasikan anggaran untuk reviu desain, amdal dan analisis dampak lalu lintas rencana pembangunan flyover tersebut.

Itu masuk tambahan alokasi anggaran kegiatan perencanaan dan pengawasan jalan dan jembatan, senilai Rp 8,83 miliar. Tambahan dana itu, selain untuk flyover itu, juga untuk perencanaan penanganan longsoran di Kaltim, amdal Jalan SP. 4 Outer Ring Road IV-Bandara APT Pranoto dan paket-paket perencanaan berupa simplified desain untuk kebutuhan pekerjaan fisik pada tahun 2021.

Ketika ditanya soal detail anggaran untuk flyover Rapak Balikpapan, ia menjawab kurang mengetahui persis. “Itu saya tidak hafal. Tapi ada datanya,” tambahnya.

Yang pasti, katanya, pemprov komitmen terhadap rencana pembangunannya. Kontruksi awal, ditarget tahun depan. Alias tahun 2021. Dengan skema pembiayaan multiyears.

“Rencana, tahun 2021 kita mulai konstruksinya. Mulai fisiknya tahun depan. Dengan harapan, 3 tahun selesai. Itu menggunakan anggaran (APBD) provinsi. Karena itu program provinsi,” tuturnya. (sah/zul)

Saksikan video menarik berikut ini: