Dipimpin Pjs Bupati, Mahulu Tetap Berjalan Normal

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Penjabat (Pj) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mahakam Ulu (Mahulu), Stephanus Madang mengatakan, bahwa Pemkab Mahulu tetap berjalan dengan baik. Meskipun Bupati dan Wakil Bupati Definitif saat ini sedang menjalani cuti selama 71 hari, karena menjadi kandidat Pilkada Mahulu 2020.

Saat ini Pejabat sementara (Pjs) Bupati Mahulu dipegang oleh Gede Yusa. Secara administrasi Gede memiliki kewenangan penandatanganan administrasi di Pemkab Mahulu, yang diberikan oleh negara.
“Dalam hal tertentu ada urusan yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh Pjs Bupati dalam waktu 71 hari ,” kata Stephanus Madang, usai acara silaturahmi bersama Pjs Bupati Mahulu.

Sedangkan berkaitan dengan Pilkada 2020, Stephanus Madang menyebut hal-hal prinsip yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh Pjs Bupati di masa Pilkada 2020 ini diatur dengan ketentuan Pilkada dalam PKPU.
“Aturannya terkait Pilkada, secara teknis ada di Bawaslu dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” ungkapnya.

Dipimpin Pjs Bupati, Mahulu Tetap Berjalan Normal

Stephanus Madang menegaskan, seorang Pjs Bupati hanya mengisi kekosongan (tugas) selama Bupati dan Wabup Definitif menjalani cuti.
“Hal-hal normatif tetap dijalankan seperti biasa. Yaitu apa yang menjadi kewenangan Bupati dan Wabup Definitif selama bertugas lalu,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Mahulu, Novita Bulan. Dia sangat mengapresiasi Gubernur Kaltim, Isran Noor yang telah menunjuk Pjs Bupati. Karena pemerintahan di daerah harus berjalan terus dengan normal, meskipun menghadapi Pilkada 2020.
“Pjs Bupati hanya melanjutkan tugas Bupati dan Wabup Definitif dimasa cuti Pilkada 2020 ini selama 71 hari,” ungkap Novita Bulan kepada wartawan.

Gede Yasa, menurut Novita Bulan telah siap melanjutkan semua program dan kinerja yang disiapkan Pemkab Mahulu sejak saat ini.
“DPRD Mahulu sangat apresiasi sekali. Beliau (Pjs Bupati) sepertinya sangat mengenal Mahulu, dan siap bersinergi dengan semua instansi dan organisasi perangkat daerah di Pemkab Mahulu,” bebernya.

Menurut Novita Bulan, DPRD Mahulu siap untuk bekerjasama dengan Pjs Bupati sebagai mitra pemerintah.(adv/imy/sam)

Saksikan video menarik berikut ini: