Biden Sudah Jadi Pelayan Publik selama Setengah Abad

Washington, nomorsatukaltim.com – Amerika Serikat (AS) akan menyelenggarakan pesta demokrasi untuk memilih presiden dan wakil presiden pada 3 November 2020. Ada 2 kandidat yang maju dalam kontestasi politik tersebut. Mereka adalah petahana Donald Trump dari Partai Republik dan Joe Biden dari Partai Demokrat.

Pertarungan memperebutkan kedudukan politik tertinggi di AS itu sudah dimulai Rabu (30/9) pagi tadi atau Selasa (29/9) malam waktu AS. Trump dan Biden mengikuti gelaran debat pertama yang diselenggarakan di Sheila and Eric Samson Pavillion, Cleveland, Ohio.

Jika sosok Trump sudah banyak dikenal oleh publik sebagai seorang politisi. Juga pebisnis. Dengan segala gaya kepemimpinannya dan kontroversial yang ditimbulkan, lain halnya dengan Biden. Belum banyak hal yang diketahui tentang politisi berusia 77 tahun ini.

Mengutip The New York Times, dalam kampanyenya kali ini sebagai calon presiden, Biden mengaku akan membawa nilai-nilai yang diwariskan Obama dan menyatukan AS di masa yang penuh dengan tantangan seperti pandemi COVID-19 ini.

Tidak aneh. Karena Biden pernah menjabat sebagai Wakil Presiden ke-47 AS. Biden duduk di kursi AS-2 selama 2 periode: 2009-2013 dan 2013-2017. Bersama pasangan yang sama: Barack Obama.

Jauh sebelum menjadi wakil presiden, Biden pernah menjadi senator dari Delware selama 6 kali masa jabatan dan pertama kali terpilih pada 1972. Ketika itu, ia menjadi senator termuda ke-5 AS dalam sejarah. Dengan begitu, laki-laki kelahiran 20 November 1942 di Scranton, Pennsylvania ini sudah aktif sebagai pelayan publik sekitar setengah abad lamanya.

Dilihat dari usianya saat ini, jika nantinya terpilih, Biden akan dilantik sebagai presiden pada usia 78 tahun. Ini adalah yang tertua dalam sejarah AS. Pun dengan Trump. Jika dalam pemilihan kali ini ia terpilih, maka tahun depan ia akan dilantik pada usia 74 tahun. Ini juga rekor sebagai usia pelantikan presiden tertua.

Meski meninggalkan tanah kelahirannya sejak usia 13 tahun dan pindah ke Delware, namun Biden masih menjaga hubungan yang kuat dengan Pennsylvania. Negara bagian itu merupakan wilayah dengan banyak pemilih kritis yang pada Pemilu 2016 dimenangkan oleh Trump.

Sementara itu, dikutip dari Biography, sebelum terjun di dunia politik, Biden sempat berkarier sebagai seorang pengacara. Biden terlahir dari pasangan orang tua Joseph Biden Sr dan Catherine Eugenia “Jean” Finnegan. Sang ayah adalah seorang pembersih tungku dan penjual mobil bekas. Biden menyebut banyak nilai yang diajarkan oleh orang tuanya. Tertanam di dalam dirinya. Misalnya tangguh, kerja keras, dan ketekunan. Biden selalu mengingat pesan yang disampaikan oleh sang ayah, “Nilai seseorang bukanlah seberapa sering dia dijatuhkan. Tetapi seberapa cepat dia bangun.”

Ilmu politik banyak ia pelajari dan dapatkan selama menimba ilmu di Delware University. Bekal itulah yang menjadi dasar hingga mengantarkan sosok Biden di posisi saat ini: kandidat presiden AS. (kmp/qn)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar