Antisipasi Penyebaran COVID-19, Wali Kota Minta Lockdown Lokal

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mendorong beberapa perumahan melakukan lockdown lokal.  Sebab tim gugus tugas menemukan adanya klaster baru di lingkungan perumahan.

“Ya, ada empat atau lima perumahan. Walau pun jumlahnya tidak besar. Ada yang satu orang, ada yang dua, ada yang empat (pasien positif),” ujarnya, saat ditemui, Rabu (30/9/2020).

Rizal khawati. Klaster-klaster baru yang berkembang dari keluarga menjadi lingkungan itu semakin tidak terkendali dan menambah korban. “Harus cepat diantisipasi. Kan ada usul dari bapak presiden menyarankan ada PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) lokal atau lockdown lokal,” urainya.

Baca juga: Anggaran Banjir di APBD 2021 Balikpapan Kecil, Abdulloh: Maybe yes, Maybe no

Kalau memang dianggap perlu, warga bisa berkonsultasi dengan tim gugus tugas.  Bisa dengan dengan lurah atau pun babinsa.  Menurutnya, proses PSBB lokal akan dikoordinasi dari kelurahan. Sedangkan dirinya sebagai kepala daerah sekaligus ketua tim gugus tugas cukup mengetahui.

“Kalau memang harus dilakukan PSBB lokal itu nanti hasil evaluasi tim gugus tugas di tibgkat kelurahan,” imbuhnya. 

Sebelumnya warga Kota Beriman juga di kagetkan dengan munculnya klaster lingkungan di tingkat RT. Tepatnya RT 20 di wilayah Balikpapan Timur, beberapa waktu lalu. (ryn/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar