Hari Kesaktian Pancasila, Legislator: Momentum Mengenang Perjuangan Pejuang

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pada 1 Oktober 2020. Indonesia kembali akan memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Untuk itu, tidak hanya Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) saja, DPRD Kukar juga berharap menjadikan peringatan ini menjadi momentum masyarakat Indonesia dan Kukar secara khusus, mengenang perjuangan pejuang di masa lampau.

Anggota DPRD Kukar Saparuddin Pabonglean menyebut, ini momentum di mana pejuang revolusi berjuang mempertahankan kedaulatan negara. Termasuk mempertahankan ideologi negara.

“Agar momentum ini dimanfaatkan masyarakat untuk mengenang kembali pejuang kita,” ujar Saparuddin.

Ia mengatakan, tinggal bagaimana masyarakat Kukar bisa meningkatkan aplikasinya di tengah masyarakat. Meningkatkan pemahaman, sehingga momentum ini benar-benar mampu mempersatukan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Memang pada tahun ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kukar berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena kondisi pandemi COVID-19. Hanya diperingati dengan menaikkan bendera setengah tiang di seluruh instansi di Kukar pada 30 September, dan bendera satu tiang penuh pada 1 Oktober.

Selain itu, mengikuti upacara peringatan secara virtual di masing-masing instansi. Yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. (ADV/mrf/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar