Atlet Biliar Kaltim Ini Punya Trik Khusus Raih Medali di PON 2021

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Atlet biliar yang satu ini memiliki keistimewaan sendiri. Dia mengasah titik fokus pukulan dan parkir bola dengan cara yang lain. Beda daripada umumnya.

Jika kebanyakan atlet biliar berlatih di meja biliar. Ya, memang seharusnya begitu, kan. Tapi Wahyudi punya treatment lainnya.

Peraih medali emas bola 15 dan perunggu bola 10 di ajang Pra PON itu. Ternyata banyak melatih sisi non teknis juga. Seperti melatih mata untuk fokus pada satu titik. Dengan mengatur kestabilan nafas untuk pandangan tertentu. Dan pada standar ukuran yang dia kehendaki. Hal ini di lakukan untuk menekan daya konsentrasi ketika mau menunjul bola.

Selain latihan tersebut, dia menyadari bahwa mental bertanding juga menjadi perhatian yang tak kalah penting. Kadang penyakit nervous masih sering dialami saat sesi game. Hal ini dirasa mengganggu sekali. Apalagi kalau sudah masuk pada pertandingan kejuaraan.

Ia berharap, waktu yang ada ini dapat dimaksimalkan untuk melatih kepercayaan dirinya.

“Saya banyak berlatih konsentrasi fokus satu titik, meskipun saya juga pede dengan kemampuan pukulan saya. Karena pukulan sekaligus parkir bola itu adalah hal utama. Termasuk confidensi saya perlu tingkatkan,” dia menjelaskan.

Kepada awak media Disway dia menceritakan. Olahraga biliar ini selain memang sudah hobi dari kecil. Tapi sampai di titik sekarang. Wahyudi enggan meremehkan. Teknik mengatur bola bulat bundar sebesar kasti itu gampang-gampang sulit.

Tidak bisa asal main pukul. Sasaranya harus tepat guna menempatkan parkiran yang ideal. Kalau asal pukul tanpa teknik, yang ada tidak mendapatkan posisi terbaik untuk pukulan selanjutnya.

Pria 31 tahun didikan Agus Irhami itu menambahkan, dirinya mencintai olah raga biliar ini tersinspirasi dari Efren Reyes, legenda biliar asal Philipina. Sejak melihat rekam jejaknya di berbagai ajang kejuaraan dunia melalui kanal YouTube. Dirinya kemudian memutuskan olahraga biliar ini sebagai pelabuhan meniti karir.

Khususnya untuk ajang PON Papua 2021 nanti, dia tidak akan melewatkan kesempatan ajang bergensi tersebut. Ia bertekad akan membawa pulang emas. Selain membawa nama Kaltim mewangi, ia pun akan ikut diperhitungkan dalam dunia biliar nasional nantinya.

“Ya, Mas. Tidak ada yang lain selain emas PON Papua. Itu target tinggi saya, Insyaallah.” tutupnya tegas. (frd/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar