Polresta Samarinda Gelar Lomba Patuh Prokes

Upaya Tekan Penyebaran COVID-19

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Konsisten menekan penyebaran COVID-19, Polresta Samarinda punya cara unik menerapkan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan kerjanya.

Pelaksanaanya yaitu dengan membuat lomba penilaian pendisplinan patuh di tingkat Bagian, Satuan, SI dan Polsek se-Samarinda, Selasa (29/9/2020) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Seksi Pengawas (Kasiwas) Polresta Samarinda, AKP Sekar Wijayanti bersama dengan Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan (Kasi Propam), Ipda Ribut dan Penata Urusan (Paur) Kesehatan, drg. Sita Resmi, seerta jajaran Subtansi Bagian (Subag) Humas.

Saat dihampiri Nomorsatu Kaltim, Kasiwas Polresta Samarinda, AKP Sekar Wijayanti menyampaikan kegiatan tersebut diselenggarakan agar seluruh jajaran di lingkungan Polresta Samarinda taat dan patuh dengan prokes.

“Kami dari tim yang tergabung dari Kasiwas, Propam dan Paur Kesehatan melaksanakan penilaian pendisplinan prokes, di lingkungan kerja Polri di Samarinda. Kami pun merangkai kegiatan tersebut dengan lomba antar seluruh jajaran Polresta se-Samarinda,” ungkapnya.

Sekar menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan menekan angka penyebaran COVID-19 di Kota Samarinda. Terutama, di jajaran lingkungan kepolisian. Upaya tersebut merupakan bentuk kontribusi Polresta Samarinda turut serta membantu pemerintah mengkampanyekan hidup sehat tanpa COVID-19.

“Harapan kita, protokol kesehatan benar-benar dilaksanakan. Sehingga, mengurangi angka penyebaran virus berbahaya ini,” harap wanita berpangkat tiga balok ini.

Di samping itu, Kasi Propam, Ipda Ribut mengatakan, kegiatan tersebut menindaklanjuti instruksi Presiden RI nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan displin dan penegakan hukum prokes dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19 di lingkungan kerja Polri.

“Kami menjalankan kegiatan tersebut, sesuai dengan arahan pusat,” jelas Ipda Ribut.

Ipda Ribut menambahkan agenda dilaksanakan di tiga tempat berbeda. Yakni, Polsek Sungai Kunjang, yang berlokasi di Jalan Jakarta, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda. Kemudian di Polsek Samarinda Ulu, di Jalan Juanda, Kecamatan Samarinda Ulu dan Polsek Sungai Pinang di Jalan D.I. Panjaitan No.2, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda.

“Kegiatan tersebut baru pertama kali diusung dalam bentuk lomba. Baru ada di Polresta Samarinda. Hal ini bertujuan agar aparat kepolisian Samarinda berbondong-bondong menerapkan prokes di lingkungan kerjanya,” pungkas pria yang dikenal ramah ini.

Terpisah, Paur Kesehatan Polresta Samarinda, drg. Sita Resmi mengharapkan agar seluruh jajaran kepolisian menjaga kesehatan diri. Dengan memastikan seluruh material kesehatan seperti, disinfektan, termogun, pencucian tangan dan tanda jaga jarak aman diterapkan di lingkungan kerja kepolisian Samarinda.

“Kami berharap pandemi cepat berlalu. Hingga penyebarannya segera teratasi,” harapnya. (top/sam)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar