Pasca Pekerjaan Tube Settler, IPA Cendana Masuk Tahap Penormalan

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana, Samarinda, melakukan pemasangan tube settler di Kompartemen 2, Instalasi 1 Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cendana, Senin (28/9/2020).

Humas Perumdam Tirta Kencana, HM Lukman menyampaikan, pemasangan tube settler ini untuk meningkatkan kapasitas kolam pengendapan pada pengolahan air. Supaya frekuensi backwashing filter dapat dikurangi, sehingga dapat menghemat biaya operasional, air, dan listrik.

“Jadi tube settler ini berfungsi pada proses sedimentasi yang mempercepat proses pengendapan,” katanya, kepada Nomor Satu Kaltim, Selasa (29/9/2020).

Pemasangan tube settler ini dilakukan di Kompartemen 2, Instalasi 1 IPA Cendana yang dimulai pada pukul 08.00 Wita.

“Rampungnya pengerjaan tersebut pada pukul 21.00 Wita malam, dan alhamdulillah saat ini sudah berproduksi normal kembali. Termasuk aliran distribusi ke pelanggan sudah lancar kembali,” lanjutnya.

Sebelumnya sudah dilakukan pemasangan tube settler di Kompartemen 1 sekitar 2 minggu lalu, dan kali ini giliran di Kompartemen 2. tube settler yang sudah usang termakan usia langsung diganti dengan yang baru. Peremajaan tube settler, agar tidak ada kerusakan untuk ke depannya.

“Ya, kami lakukan pergantian tube settler yang sudah lama dan termakan usia. Kami ganti dengan yang baru. Agar hasil produksi berkualitas dan terjaga kejernihannya,” katanya.

Ia berharap dan menginginkan hasil produksi di IPA Cendana ini bisa lebih berkualitas, kontinuitas, dan maksimal.

“Agar pelanggan puas dengan pelayanan Perumdam Tirta Kencana,” tutupnya. (adv/arw/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar