Waspada Klaster Keluarga, Satu Keluarga Positif COVID-19 di GSU

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Balikpapan menurun setiap harinya. Pada Senin (28/9/2020) hanya bertambah sebanyak 18 kasus positif.

“Hari ini yang positif 18 kasus. Lebih kecil dibanding kemarin. Saya kira ini baik,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat konferensi pers penyampaian update terbaru wabah corona di Balikpapan, Senin (28/9/2020) sore.

Lanjut Rizal, yang perlu diwaspadai adanya satu klaster keluarga di daerah Gunung Sari Ulu (GSU). Di mana telah terkonfirmasi satu keluarga tersebut positif corona.

“Jadi, ada satu keluarga di Gunung Sari Ulu tercatat hari ini empat orang yang terkonfirmasi positif,” jelasnya.

Ke empat pasien tersebut saat ini melakukan isolasi mandiri. Dan mendapat pengawasan ketat dari Puskesmas, lurah, serta RT setempat.

“Semua pasien yang melakukan isolasi mandiri dilakukan pendampingan pengawasan dari Puskesmas, Serta lurah dan RT setempat,” sambung Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Sementara untuk rincian 18 kasus positif, enam di antaranya dengan riwayat suspek, dua kasus orang tanpa gejala (OTG) melakukan isolasi mandiri, sembilan kasus dari riwayat tracing kasus, dan satu kasus tracing tempat kerja.

“Kemudian ada 36 kasus selesai isolasi. Baik dari rumah sakit dan selesai isolasi mandiri. Dari RSKD satu pasien, RSPB delapan pasien, isolasi mandiri 27 pasien,” tambahnya. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar