Berharap 4 Kampung KB Mandiri

Sosialisasi kampung KB dilaksanakan DPPKBP3A Berau, beberapa waktu lalu.(IST)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Berau mengharapkan 4 kampung KB bisa mandiri. Dari 30 kampung KB tingkat dasar saat ini.

Kampung yang dinilai memiliki potensi tersebut adalah Maluang, Labana, Gunung Panjang dan Sukan Tengah.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Penyuluh dan Penggerakan DPPKBP3A, Diani menjelaskan, sasaran pihaknya bukan peningkatan kampung KB. Namun meningkatkan status agar menjadi percontohan bagi yang lain.

“Sesuai arahan pusat, fokusnya berganti,” jelasnya, Minggu (27/9). Menurut Diani, ada 4 golongan kampung KB. Yaitu dasar, berkembang, mandiri dan berkelanjutan.

Dikatakan, ada beberapa indikator peningkatan status kampung KB. Harus ada bina keluarga remaja, lansia serta balita. “Kalau pasif tentu tak bisa naik level,” ujarnya.

Diani mengaku status kampung KB yang akan naik level juga harus didukung adanya sekolah. Sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Pihaknya sering memonitoring dan mengevaluasi untuk peningkatan level. Diani mengharapkan kerja sama semua pihak. Termasuk pendanaan. Berharap ada anggaran dari dana kampung. (RAP)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar