Katakan dengan Berlian…

Katakan cinta dengan bunga. Ungkapan bernada rayuan ini masyur di kalangan generasi baby boomer. Bahkan sampai gen x. Masih manjurkah ungkapan itu disampaikan lagi zaman now?

Buat generasi yang lahir di era Elvis Presley sampai boy band, salah satu cara memberi perhatian kepada kekasih, ialah dengan bunga. Meski bagi masyarakat Eropa, tradisi itu sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu.

Aldi Azhar, warga Samarinda punya cara lain mengekspresikan perhatiannya kepada orang terkasih. Ia memilih cincin berlian koleksi Solitaire seharga Rp 20 juta. “Ini untuk istri, hadiah anniversary,” katanya saat dijumpai, Jumat (25/9/2020).

Minat masyarakat Kalimantan Timur terhadap berlian memang meningkat.  Store Manager Frank & Co Big Mall Samarinda, Andro mengatakan, pembeli perhiasan saat ini tidak hanya untuk kebutuhan fashion dan wedding ring,

“Semakin banyak yang membeli sebagai hadiah ulang tahun, cincin pertunangan, antaran, dan sebagainya.”

Karena itulah, pelanggan berlian juga semakin meluas. Tidak hanya kalangan elit saja. “Karena harga yang kita tawarkan juga variatif. Mulai dari Rp 3 juta,” ungkapnya.

Meningkatnya minat masyarakat terhadap berlian bisa dilihat dari ekspansi Frank & Co. Perusahaan terus menambah gerai di Samarinda dan Balikpapan. Bahkan saat ini sudah memiliki 35 gerai lainnya di seluruh Indonesia.

Frank & Co menyediakan puluhan koleksi dalam bentuk perhiasan. Mulai dari cincin, liontin, kalung, dan gelang. Setiap tahun, mereka mengeluarkan koleksi baru. Minimal 4 koleksi baru.

“Kami juga memiliki koleksi kolaborasi dengan desainer. Seperti Sebastian Gunawan dan Anne Avantie,” kata Ando.

Koleksi dari Sebastian Gunawan adalah Love Knot Series khusus untuk produk wedding ring. Dengan 7 koleksi. Di antaranya, invinity ring, matched ring, embrace ring, trust ring, pristine ring, eternity ring, dan trinity ring. Dengan harga mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 20 juta.

Sementara, kolaborasi dengan Anne Avantie meluncurkan koleksi wedding ring, Kakaseh. Yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 17 juta sepasang.

“Kalau untuk per pieces mulai dari Rp 3 juta, Rp 50 juta sampai ratusan juta ada. Tergantung ukuran besar batunya,” kata Andro menjelaskan.

Koleksi termahal yang dimiliki Frank & Co adalah perhiasan senilai Rp 1 miliar. Namun, Andro enggan menunjukkan. Karena posisi perhiasan ada dalam brankas khusus yang tidak dipajang.

Koleksi termahal yang dipajang adalah cincin berlian F Colour dan VVS clarity. Dengan berat 1,06 karat. Cincin ini dibanderol dengan harga Rp 180 juta.

Selain berlian, Frank & Co juga menyediakan koleksi emas putih dan rose gold. Serta jenis batu permata lainnya, ruby, safir, dan emerald. Koleksi berlian juga bisa dipadukan dengan pilihan bahan logam mulia. Seperti emas, platinum, dan silver.

Terpisah, gerai perhiasan, Julia Jewelry juga menyediakan koleksi berlian. Baik yang dilengkapi dengan sertifikat GIA mau pun tanpa sertifikat. Amelia, Sales Promotion Girl (SPG) Julia Jewelry menjelaskan sertifikat GIA adalah sertifikat internasional yang mengukur kualitas berlian berdasarkan 4C. Cut, color, clarity, dan carat. Sertifikat ini dikeluarkan oleh Gemological Institute of America (GIA). Laboratorium professional yang mengeluarkan sertifikat berlian.

“Koleksi GIA, ada 9 pieces. Di antaranya 7 cincin dan 2 liontin. Kalau non GIA, kami ada 500 pieces koleksi,” kata Amelia.

Spesifikasi berlian non GIA adalah berlian pecahan dengan ukuran di bawah 0,20 karat. Dengan harga mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 79 juta. Sedangkan koleksi GIA, minimal ukuran 0,20 karat. Dan dibanderol dengan harga  minimal Rp 30 juta hingga Rp 200 juta. “Tapi sudah sold yang Rp 200 juta,” ungkapnya.

Amelia menunjukkan, koleksi termahal yang ready saat ini. Adalah cincin berlian ukuran 0,44 karat dengan berat 4,5 gram. Dan dihiasi dengan 84 butiran pasir berlian. Cincin ini, dibanderol seharga Rp 50 juta.

Amelia mengatakan, produk yang paling dicari saat ini, adalah perhiasan untuk cincin perkawinan. Julia Jewelry memiliki ratusan member. Yang dibagi dalam member biasa dan member VIP.

Member VIP adalah pelanggan dengan nilai transaksi di atas 50 juta dalam sekali pembelian. “Atau pelanggan dengan transaksi Rp 30 jutaan. Tapi sebulan bisa 2 atau 3 kali belanja. Itu masuk VIP juga,” jelasnya.

Julia Jewelry juga melayani jual beli berlian. Dengan syarat dan ketentuan berlaku. Biasanya, dari berlian yang dijual oleh pelanggan, akan dilebur kembali untuk diluncurkan dalam koleksi baru.

Berlian (diamond) adalah salah satu jenis batu permata yang paling populer. Dibanding batu permata lainnya. Seperti ruby, safir (sapphire) atau zamrud (emerald). Harga berlian, bisa mencapai miliaran rupiah per karatnya. Secara tampilan, berlian  memiliki kilauan cahaya yang sangat indah. Tak heran, banyak orang yang mengoleksi batu permata ini.  Jadi, buat kamu kaum hawa, masih mau ungkapan cinta dengan bunga? (krv/yos)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar