Jual Sepeda Curian di Medsos, eh Ketahuan Pemiliknya

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Dedi biasa menaruh sepeda di dalam garasi. Namun saat hendak salat Subuh, Sabtu (26/9/2020), ia terkejut sepeda berwarna hijau itu sudah tak ada di tempatnya.

“Pas saya mau salat subuh saya lihat sepeda sudah enggak ada di garasi. Kemudian saya langsung kabarin ke grub WhatsApp RT dan komunitas, juga ke Polsek,” ujar Dedi saat ditemui di Polsek Balikpapan Selatan, Minggu (27/9/2020).

Usai melapor, Dedi kemudian mendapat kabar. Salah satu temannya melihat sepeda mirip miliknya dijual di media sosial (Medsos) Facebook oleh seseorang. Merasa curiga, Dedi bersama temannya pun mencoba membeli sepeda tersebut, dan mengatur janji bertemu dengan sang penjual pada Minggu paginya.

“Saya dikabari dulu sama teman, terus minta bantuan dia untuk pura-pura jadi pembelinya. Berapa pun dia mau jual. Akhirnya mereka mau dan janjian ketemuan,” jelasnya.

Sebelum bertemu dengan penjual, Dedi lebih dulu melaporkan hal ini ke Polsek Balikpapan Selatan. Ia pun pergi bersama beberapa petugas kepolisian.

Benar saja, setelah bertemu dengan penjual, Dedi dan temannya melihat ciri-ciri sepeda yang sama persis dengan miliknya. Sontak, polisi dengan mudahnya meringkus para pelaku yang berinisial P (18), R (16) dan E (16).

Ketiganya pun langsung digiring ke Makopolsek Balikpapan Selatan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Jadi, pergi bertransaksi itu sama teman dan polisi. Dan sampai di TKP (tempat kejadian perkara) pelaku langsung diamankan bersama sepedanya,” tambahnya.

Rencananya, pelaku akan menjual sepeda hasil kejahatan tersebut dengan harga Rp 10 juta.

“Mereka mau jual Rp 10 juta ke teman saya. Kalau harganya saat saya beli itu Rp 15 juta,” ujarnya.

Kini ke tiga pelaku mendekam di Polsek Balikpapan Selatan untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

“Pelaku sebenarnya empat orang. Satu masih DPO (daftar pencarian orang). Rata-rata masih usia di bawah umur. Sementara kita amankan untuk pengembangan lebih lanjut,” ujar Kanit Reskrim Polsek Balikpapan Selatan, Iptu Payan Sumangungsong. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar