Perkuat Konsep Madinatul Iman, Wawali Balikpapan Dialog Bersama MUI

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud melakukan dialog bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Sekretariat MUI Balikpapan pada Jumat (25/9/2020).

Dalam dialog, Wawali menyampaikan beberapa program pemerintah dan bagaimana menjaga kondusifitas kota. Bukan hanya program pemerintah, tetapi juga menyosialisasiksn untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Mengingat jumlah kasus COVID-19 hingga kini belum kunjung turun.

“Intinya kita silaturahim dan berdialog bagaimana menjaga kondusivitas kota. Yang mana ini bagian program pemerintah untuk tetap menjaga kondusifitas kota yang nyaman dihuni menuju madinatul iman,” kata Rahmad usai pertemuan Jumat sore (25/9/2020).

Rahmad Masud mengatakan, kunjungannya ke sekretariat MUI bukanlah kampanye, mengingat dirinya merupakan kandidat bakal calon kepada daerah kota Balikpapan. Ia mengatakan dirinya baru akan berkampanye setelah menerima izin cuti sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan.

Ditemui terpisah, Sekretaris MUI Kota Balikpapan H. M. Djailani mengatakan, konsep Balikpapan Madinatul Iman sudah sepatutnya diperkuat dengan mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota.

“Kita dialog disini ya tentang bagaimana penguatan konsep madinatul iman. Karena ini harus tetap dilestarikan sesuai misi kota ini. Beliau di sini kapasitasnya sebagai pemerintah,” tandas Djailani.

Pada kesempatan itu, Djailani juga menyampaikan harapan agar pemerintah kota memberi perhatian lebih kepada guru-guru pengajar di TK/ TPA Al-Quran. Ia mengatakan, selain memiliki pemahaman tentang Alquran, pengajar tersebut juga diberi penguatan mengenai wawasan kebangsaan. Kata Djailani, hal tersebut untuk menghindari pemahaman keliru dalam ilmu kebangsaan dan juga berkaitan dengan ilmu agama.

“Jadi ustaz bukan semata sertifikasi ulama, tetapi juga penguatan wawasan kebangsaan pada ustaz-ustazah. Intinya jadikan mereka ini intelektual agama dan ulama yang berintelektual,” ujar Djailani.

“Tadi beliau juga sampaikan kerukunan umat beragama harus dijaga. Karena beliau juga mau izin cuti, beliau tadi pamit dan mohon supaya diberi kesehatan,” imbuhnya. (fey/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar