Tinggi di Atas 2,5 M Tak Bisa Melintas


Portal bujangga yang dipasang petugas Dishub Berau, Kamis (24/9).(RENATA/DISWAY BERAU)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Truk bermuatan tinggi di atas 2,5 meter tidak bisa melintas di jembatan Jalan Bujangga, Tanjung Redeb. Sebab Dinas Perhubungan (Dishub) Berau telah memasang portal. Untuk mengantisipasi.

Kepala Dishub Berau, Abdurahman mengaku sudah berulang kali portal Bujangga ditabrak truk hingga nyaris roboh.

“Sekarang portalnya sudah kami pasang kembali. Ini sudah kesekian kalinya,” ujarnya, Kamis (24/9).

Abdurahman mengungkapkan, pengendara penabrak portal sudah dikenai sanksi. Mengganti dengan portal baru. Sebab kata dia, portal tersebut tidak bisa lagi digunakan dalam waktu lama karena kerusakan cukup parah.

“Jadi yang sekarang terpasang portal lama. Sambil menunggu portal baru yang dibeli penabrak. Semoga saja tidak ditabrak lagi,” katanya.

Dikatakan, salah satu tujuan pemasangan portal, untuk mengantisipasi kerusakan jembatan Bujangga. Di mana sebagian permukaan jalannya mulai mengalami penurunan. Lantaran aktivitas kendaraan yang cukup padat dan berat.

Makanya, pemasangan portal untuk mengatur ukuran kendaraan. Seperti truk bermuatan tinggi. Apabila tidak diatur, menurut Abdurrahman, akan mempercepat kerusakan jembatan.

“Saat ini sudah mulai penurunan tanah di sekitar jembatan. Kami khawatir terjadi kerusakan yang berdampak lumpuhnya akses jalan. Untuk itu kami mengatur kendaraan besar dan tinggi melalui jalur lain,” tuturnya.

Pihaknya telah menyediakan jalur khusus. Untuk kendaraan dengan bobot besar dan tinggi di atas 2,5 meter. Yakni melalui jalan ring road. (ZZA)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar