Pemekaran Kabupaten Samarinda Kembali Disuarakan

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Gerakan Rakyat Bersatu Pejuang Daerah Otonomi Baru (GRBPDOB) Kabupaten Samarinda menggelar aksi di Simpang Tiga Fly Over Jalan APT Pranoto, Samarinda Seberang, Kamis (24/9/2020).

Usai menyampaikan aspirasi, massa yang tergabung dari 3 kecamatan, yakni Kecamatan Samarinda Seberang, Palaran, dan Loa Janan Ilir menyampaikan pernyataan resmi mengenai isi tuntutan aksi.

Koordinator aksi, Rusdiansyah Asri mengatakan, pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda memiliki arti dan momentum strategis dalam mewujudkan percepatan pemekaran wilayah, yang sejak 1 dasawarsa lalu hingga kini terus digelorakan dan diperjuangkan secara pro aktif dan berkesinambungan.

“Khusus kepada para calon Wali dan Wawali Kota Samarinda, agar dapat memerhatikan, mengakomodir, menyerap, serta menjalankan amanah dan aspirasi masyarakat Seberang ketika nanti diamanahkan memimpin Samarinda,” ujar Rusdiansyah Asri dalam press release-nya.

Sejarah mencatat, Samarinda Seberang merupakan cikal bakal berdirinya Kota Samarinda. Namun 3 kecamatan yang berada di daerah seberang tidak menikmati pembangunan yang signifikan seperti kecamatan lainnya.

“Bahkan, 3 kecamatan di Seberang ini terkesan termarginalkan,” katanya.

Sehingga, kata dia, seluruh calon wali kota dan wakil wali kota harus memiliki komitmen penuh dalam mendukung pemekaran wilayah daerah otonomi baru Kabupaten Samarinda. (top/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar