IRAW Diapit Penantang

Reporter zuhrie

TANJUNG SELOR, DISWAY – Pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), telah digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara, Kamis (24/9) malam.

Pasangan Udin Hianggio-Undunsyah mendapatkan nomor urut 1. Sedangkan pasangan Irianto Lambrie-Irwan Sabri nomor urut 2, dan pasangan Zainal A Paliwang-Yansen TP nomor urut 3.

Udin Hianggio yang ditemui usai pencabutan nomor urut, mengaku bersyukur dengan nomor urut yang diperolehnya. Dia menyebut, nomor urut yang didapat merupakan kehendak Allah.

“Semua kita kembalikan kepada yang di atas. Ikhtiar kita. Allah yang akan menentukan segalanya,” ujarnya.

Mantan Walikota Tarakan ini, juga menyatakan bahwa nomor urut yang didapatnya, merupakan petunjuk. Dan, merupakan tanda jadi yang terbaik untuk masyarakat Kaltara.

Sementara itu, Irianto Lambrie yang kembali mendapatkan nomor urut 2 seperti di Pilkada 2015 lalu, mengatakan sebagai pertanda keberuntungan. “Semoga ini pertanda, ini keberuntungan dan IRAW bisa memenangkan pilgub ini dengan berintegritas dan bermartabat,” ujarnya.

“Masyarakat Kaltara sudah merasakan lima tahun terkahir ini, jadi kami sangat optimis,” tambah Irianto.

Sedangkan Zainal A Paliwang mengatakan, angka tiga merupakan angka keramat yang akan menumbangkan dua petahana (Irianto Lambrie dan Udin Hianggio) di Pilgub Kaltara 2020 ini.

“Sudah banyak contoh nomor tiga menumbangkan petahana. Kami berdua sangat optimis untuk menumbangkan kedua petahana,” ujarnya.

Pelaksanaan pencabutan nomor urut, disaksikan dan dihadiri sejumlah pihak terkait. Seperti komisioner KPU, Bawaslu, Polda Kaltara. Rangkaian tahapan pilkada  pencabutan nomor urut pun, digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sesuai PKPU Nomor 13 Tahun 2020.

Itu dibuktikan dengan dibatasinya jumlah yang hadir di lokasi acara. Dari pantauan di lapangan, pasangan calon hanya boleh hadir membawa empat orang pendukung, baik dari parpol dan LO, lalu komisioner KPU hanya boleh diikuti tujuh orang, Bawaslu dua orang.

“Kami memohon maaf bagi yang belum bisa hadir di lokasi acara, karena ini untuk menghindari terjadinya klaster pilkada,” ujar Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami.

Selain melaksanakan pengundian nomor urut bagi pasangan calon, KPU juga mengajak para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur mendatangani pakta integritas penerapan protokol kesehatan selama masa kampanye.

“Setelah ini, tahapan selanjutnya akan memasuki masa kampanye mulai Sabtu 26 September 2020,” ujarnya.

Sesuai tahapan Pilkada Serentak 2020 di PKPU Nomor 5 Tahun 2020, pasangan calon pun akan memasuki tahapan kampanye 26 September hingga 5 Desember. *

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar