Ikut yang Terbaik

Sri Juniarsih, akhirnya disepakati menggantikan suaminya, Muharram di Pilkada 2020.

Sri Juniarsih Gantikan Muharram

Alot. Menentukan pengganti Muharram. Waktu kian mepet. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Timur (Kaltim), sempat ngotot menginginkan Saipul Rahman, sementara dari Berau berkeinginan sang istrilah yang pantas.

SEHARI setelah sang petahana pergi, sang istri Sri Juniarsih langsung diminta Ketua DPW PKS Kaltim Harun Al Rasyid untuk menggantikan suaminya. Ketika itu, Sri masih berduka, bahkan sampai saat ini masih. Ia pun menolak permintaan tersebut.

Nama Saipul Rahman muncul, usut punya usut, semasa hidup Muharram sudah menyampaikan kepada Harun, bahwa tengah mempersiapkan sosok direktur Perumda Air Minum Batiwakkal tersebut.

“Saya juga kaget, dan baru tahu kalau nama saya disebut-sebut almarhum Pak Muharram. Saya kaget dihubungi Pak Harun, setelah Bu Juniarsih menolak untuk maju,” ungkap Saipul Rahman, malam tadi (24/9).

Mungkin, menurutnya, karena sebelumnya ada pembahasan, sehingga DPW PKS Kaltim langsung mengambil keputusan untuk mencari pengganti.

Saipul mengaku tidak terlalu ngotot untuk maju di Pilkada 2020. Namun, Ia lebih berkeinginan Sri Juniarsih yang menggantikan. Apalagi tim juga berharap demikian.

“Elektabilitas beliau (Muharram) masih tinggi, tokoh yang muncul harus terasosiasi kuat dengan Pak Muharram. Yang paling mudah Ibu Juniarsih, bisa juga tokoh mempresentasikan beliau. Seperti guru, ustaz dan sebagainya,”tuturnya.

Informasi terakhir yang didapatkan Saipul, setelah diminta dan ada dorongan dari PKS Berau, Juniarsih mengaku mengikuti yang terbaik.

“Mungkin waktu itu masih berduka, ada desakan dari tim Berau. DPW juga menunggu. Kalau memang saya menyerahkan ke Bu Juniarsih berarti tidak masalah,” terangnya.

Saipul menegaskan kembali, jika dirinya tidak berambisi dan lebih menjaga amanah. Pada dasarnya, jika PKS mendorong dirinya maju maka akan siap. Begitu pula jika keputusannya terhadap Sri Juniarsih. “Saya ikut adab mereka, bukan kita menyorong diri sendiri, ketika Ibu Juniarsih lebh besar peluangnya saya dukung,” pungkasnya.

Nama Saipul Rahman muncul sebagai pengganti Muharram di Pilkada 2020. Tapi, Demokrat sebagai partai pengusung meminta PKS Berau, mempertimbangkan beberapa pilihan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Tim Penjaringan Cabang (TPC) Demokrat Berau, Abdul Waris. Yang juga ketua Fraksi Demokrat.

“Sudah ada pertemuan dan PKS mendorong Saipul Rahman. Dari kami minta dipertimbangkan lagi, setidaknya ada beberapa opsi,” tuturnya kepada Disway, Kamis (24/9) pagi.

Menurut Waris, PKS sebagai partai yang punya banyak kader perlu mempertimbangkannya. Terutama jika bisa mencari pengganti yang sepadan, apalagi dengan waktu yang cukup singkat.

“Secara partai ini memang jatahnya PKS. Tapi untuk sekarang ini bicaranya koalisi. Bukan berarti Pak Saipul tidak cukup bagus, setidaknya ada pilihan yang bisa jadi pertimbangan partai pengusung dan pendukung,” jelasnya.

Ditanya soal kabar istri almarhum Muharram, Sri Juniarsih yang dinilai cocok menggantikan, Waris menyebut cukup potensial.

“Ibu itu juga bisa, saya yakin ada pengalaman. Dan elektabilitasnya juga cukup bagus,” ujarnya.

Selain Sri Juniarsih, kata Waris, Rahman yang merupakan anggota DPRD Berau dari PKS, juga bisa menjadi opsi.

Ketua Harian DPD PKS Berau, Munadi, ketika dikonfirmasi sekira pukul 22.00 Wita, mengatakan, pembahasan menentukan pengganti Muharram cukup alot. Dan memang mengerucut dua nama, yakni Sri Juniarsih dan Saipul Rahman.

Sekira pukul 23.31 Wita, diungkapkan Munadi, berdasarkan keputusan DPW PKS Kalimantan Timur, maka DPD PKS Berau mengumumkan penunjukan dan penetapan Sri Juniarsih selaku calon Bupati Berau menggantikan almarhum Muharram.

Dikatakannya, penunjukan pengganti ini dilakukan sebagai salah satu syarat pencalonan Bupati Berau, yang sedari awal sudah dilakukan pendaftaran oleh Muharram bersama Gamalis.

“Selanjutnya Sri Juniarsih akan melakukan pendaftaran dan pencabutan nomor urut sebagai pengganti calon Muharram bersama Gamalis,” tandasnya. */jun/app

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar