80 Persen Perkebunan Ditanami Sawit

Menanam sawit masih menjadi pilihan masyarakat Berau. 80 persen perkebunan ditanami komoditas ini.(Dok)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Dinas Perkebunan Berau mengembangkan beberapa komoditas unggulan. Yaitu kakao, kelapa, karet termasuk lada.

Pengembangan itu, menurut Kepala Dinas Perkebunan Berau, Sumaryono, sebab mayoritas lahan perkebunan di Berau ditanami sawit. Sekira 80 persen.

“Kita berharap petani menghindari penanaman satu jenis tanaman atau monokultur di Berau. Saat ini sawit yang paling banyak ditanam,” ujarnya Kamis (24/9).

Untuk menyeimbangkannya, Dinas Perkebunan memberikan bantuan untuk komoditas kakao, kelapa, karet dan lada. Melakukan peremajaan secara rutin danmembentuk kawasan.

“Peremajaan pada tanaman kelapa misalnya. Kita fokus di Biduk-biduk. Pada komoditas unggulan ini, ke depan kita akan lakukan program pemberdayaan masyarakat. Agar tidak terjadi monokultur,” sambungnya.
Selain lima komoditas itu, Sumaryono menyebut pihaknya terus mengembangkan beberapa komoditas perkebunan lainnya. Yakni pala. ““Namun untuk saat ini lada dan kakao yang sedang kami perkenalkan kepada petani,” tandasnya.

Menurut Sumaryono adanya giat penanaman lebih dari satu komoditas dapat membantu ekonomi petani dan lebih produktif. (RAP)

Saksikan video menarik berikut ini: