Kirim Tahanan ke Rutan Balikpapan Per 2 Minggu

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Sejak masa pandemi terjadi di Balikpapan, Rutan Kelas IIB Balikpapan sempat menghentikan pengiriman tahanan dari seluruh Polsek, Polresta Balikpapan, hingga Polda Kaltim.

Namun, seiring waktu dengan berkurangnya jumlah tahanan dalam waktu dua bulan terakhir ini, tahanan sudah mulai diterima kembali. Kepala Rutan Kelas IIB Balikpapan, Sopiana mengatakan sejak adanya program asimilasi, juga pemindahan sejumlah tahanan ke Lapas Balikpapan dan Samarinda, jumlah tahanan yang sebelumnya mencapai 1.050 orang, kini telah mencapai 644 orang saja.

Saat ini, tiap dua minggu sekali, Rutan Kelas IIB Balikpapan menerima 40 tahanan dari Polsek, Polresta, dan Polda. Sehingga dalam sebulannya akan ada 80-an tahanan yang masuk.

“Jadi untuk sekarang, memang Rutan Kelas IIB Balikpapan kapasitas 350, sekarang dihuni 644 orang. Tentunya ketika saya masuk dengan jumlah 1.050 orang, sudah lumayan longgar dan warga di dalam tidurnya sudah enak,” ujarnya, Kamis (24/9/2020).

Lanjut Sopiana, meski sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan, tetap saja jumlah tersebut masih kelebihan kapasitas.

“Tapi tetap masih over kapasitas, karena rutan ini kapasitasnya kan cuma 350 orang aja,” jelasnya.

Dalam penerimaan tahanan yang dimaksud, Rutan Kelas IIB Balikpapan hanya menerima tahanan A3, yaitu tahanan yang sudah dilimpahkan dari kejaksaan ke pengadilan.

“Tapi yang tahanan polisi dan kejaksaan masih dititip di kepolisian. Jika sudah dilimpahkan ke pengadilan, tentunya akan dikirim ke Rutan,” tambahnya.

Lebih lanjut Sopiana mengatakan, untuk menerima tahanan masuk ke Rutan Kelas IIB Balikpapan, ada beberapa syarat yang wajib dilakukan.

“Ada jangka waktunya dan persyaratan yang harus dipenuhi. Ketika tahanan dikirim ke sini (Rutan, red) harus dilakukan rapid test dan hasilnya harus non-reaktif. Ketika sudah ada hasilnya non-reaktif, kita periksa dulu berkasnya. Jika lengkap dan aman, masih juga kita isolasi selama dua minggu. Setelah itu baru kami buka kembali penerimaan kiriman tahanan dari Polsek dan Polresta,” ujarnya. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar