Kawal Tahapan Pilkada, Ratusan Personel Polresta Samarinda Disiagakan

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Sebanyak ratusan personel Polresta Samarinda disiagakan. Setiap hari. Guna mengawal tahapan Pilkada Samarinda. Mulai dari pengamanan tahapan di lapangan, hingga patroli di dunia siber.

“Kita, menciptakan situasi damai di Pilkada Samarinda. Kita siagakan dua per tiga pasukan. Samarinda itu, siaga satu kami. Kami siapkan siaga satu apabila terjadi apa-apa. Personel yang disiapkan, setara dengan siaga satu,” kata Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman, usai menghadiri acara deklarasi damai Pilkada Samarinda, bersama tiga calon wali kota dan wakil wali kota di Hotel Harris Samarinda, Kamis (24/9/2020).

Saat ini, kata Arif, kondisi Samarinda kondusif. Potensi kerawanan-kerawanan sudah dipetakan. “Karena jangan sampai, pemilih beda pilihan, berimplikasi pada perpecahan,” ungkapnya.

Kabag Ops Polresta Samarinda, Kompol Erick Budi Santoso mengatakan, jumlah detail personel yang disiagakan sebanyak 200 orang, setiap hari. Dari jumlah personel di Polresta Samarinda 845 orang.

Dari 200 personel itu, tak diturunkan ke lapangan seluruhnya. Sebab, jumlah personel yang diturunkan, menyesuaikan dengan jenis tahapan pilkada.

“Tapi kita tidak pernah under estimated. Pengawalan terhadap (tahapan) masa kampanye, bergantung pada jumlah peserta (kampanye), tingkat kerawanan (berdasarkan informasi) dari intelejen,” katanya.

Pengawalan yang diprediksi menurunkan personel maksimal, itu pada tahap pencoblosan, 9 Desember nanti. “Yang maksimal, di masa pencoblosan nanti. Ada BKO dari Brimob dan Polda Kaltim juga,” tambahnya.

Sementara berkaitan dengan antisipasi terhadap isu-isu hoaks, black campaign di media sosial. Pihaknya, lanjut Erick, menyiapkan tim patroli siber. Itu telah berjalan. Bekerja 24 jam.

“Polresta terus melakukan patroli siber. Apabila tim atau masyarakat menemukan (kampanye gelap dan hoaks), laporkan ke gakkumdu. Ada tim siaga di Reskrim Polresta Samarinda,” tuturnya. (sah/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar