Hidupkan UMKM di Tengah Pandemi COVID-19, Ini Solusi Pemkab

UMKM bisa bertahan di tengah pandemi dengan ikut serta masyarakat. Yaitu dengan membelanjakan uangnya di pedagang lokal.

Kukar, nomorsatukaltim.com – Belum lama ini, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, meminta masyarakat untuk menghidupkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Guna mencegah adanya potensi resesi ekonomi di Kukar.

Namun baru sebatas harapan. Pemerintah daerah masih mencari formulasi pemecahan masalah itu. Bagaimana UMKM bisa hidup di tengah terpaan pandemi COVID-19.

Bisa saja mewajibkan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Kukar untuk belanja di pasar tradisional. Namun hal tersebut sepertinya belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Tapi sudah terpikirkan. Bahkan Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar akan segera melakukan evaluasi, salah satunya memanggil Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

“Juga akan panggil beberapa OPD yang berkaitan dengan itu,” ujar Chairil pada Disway Kaltim, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, sudah tepat dengan lebih mengutamakan UMKM saat ini. Di saat melemahnya perekonomian dan pandemi COVID-19. Sehingga diharapkan perputaran uang terjadi di Kukar.

“Jangan di toko-toko modern dan di luar Kukar,” lanjut Chairil.

Baca juga: PPU Sering Kekurangan Stok Darah

“Secara umum bakal dievaluasi lah,” pungkasnya. (mrf/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar