Destinasi Wisata Prioritas Nasional


TANJUNG REDEB, DISWAY – Pulau Derawan menjadi perhatian nasional. Di sektor pariwisata. Dimasukkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Kementerian Pariwisata akan mengembangkannya. Sehingga bukan hanya menjadi perhatian Pemkab Berau. Derawan adalah destinasi pariwisata prioritas (DPP) baru yang akan dikembangkan.

Makanya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Masrani mengingatkan agar selalu menerapkan sapta pesona.
Ada 7 unsur mewujudkan sapta pesona. Yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah dan kenangan.

Menurut Masrani, ada 10 destinasi wisata yang masuk sebagai prioritas baru. Selain Pulau Derawan diBerau; ada Bukit Tinggi Padang, Bandung-Halimun-Cileteuh, Banyuwangi, Makassar-Selayar-Toraja, Sambas-Singkawang, Manado-Likupang, Raja Ampat, dan Biak-Teluk Cendrawasih.

“Alhamdulillah Derawan dan sekitarnya sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional 2020 – 2024 masuk destinasi wisata prioritas . Derawan menjadi satu-satunya objek wisata dari Kalimantan Timur yang masuk jadi prioritas nasional. Kami sangat bangga,” ungkapnya, Senin (21/9).

Ia berpesan kepada masyarakat pelaku wisata, khususnya yang ada di Kabupaten Berau agar mempertahakan suasana indah dan memesona. Khususnya di tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan.
“Pemkab Berau terus mensosialisasikan kegiatan sapta pesona setiap tahunnya,” ujarnya.

Salah satu penekanan yang dilakukan adalah menjaga kebersihan. Sebab, suatu objek wisata tidak akan menarik dikunjungi jika masyarakat atau pelaku wisata abai kebersihan.

“Harus ada rasa memiliki dan menjaga agar objek wisata lebih berkembang. salah satunya menjaga kebersihan,” harapnya.
Sebab, ungkap Masrani, keberadaan sampah tidak hanya akan memberikan visual yang tidak nyaman dipandang, namun juga berdampak negatif pada ekosistem yang ada di laut.

“Kegiatan sapta pesona sangat penting diterapkan pada destinasi-destinasi wisata. Baik itu Derawan, Maratua, Bidukbiduk dan lainnya,” terangnya.
Guna mendorong keberhasilan sektor pariwisata yang lebih baik, tambahnya, dibutuhkan peran serta semua pihak.

Makanya, Masrani mengajak seluruh masyarakat Berau ikut berperan dengan membantu mempromosikan destinasi wisata yang ada di Berau.

“Apalagi Berau bisa dikatakan memiliki objek wisata lengkap di Kalimantan Timur. Ada bawah laut, pesisir dan daratan,” tandasnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar