Hasil Pertandingan Persiba 1-1 Borneo FC

LAGA uji coba Persiba dan Borneo FC berakhir anti klimaks. Tidak ada yang kalah. Tidak ada yang menang. Padahal sehari sebelum laga. Pelatih kedua klub bilang, kalau timnya ingin menang.

Persiba terlihat sekali belajar banyak dari kekalahan di laga uji coba pertama. Jika sebelumnya mereka masih malu-malu. Ragu-ragu untuk keluar dari areanya. Di laga Rabu (23/9) sore, Aji Kusuma dkk langsung geber sejak menit awal.

Sementara bagi Borneo FC. Malah terkesan stagnan. Tidak banyak progres yang dibuat. Serangan juga mayoritas masih mengandalkan umpan-umpan silang dari sisi sayap. Belum berani membongkar dari tengah. Padahal materi pemain tengah-depannya sangatlah mumpuni.

*

SEKILAS PERTANDINGAN

Sejak babak pertama Persiba coba mengambil alih jalannya pertandingan. Menyerang tampaknya instruksi awal Vera terhadap anak asuhnya. Laga baru berjalan dua menit Persiba mempunyai dua peluang emas.

Pertama Adam Maulana melakukan percobaan jarak jauh. Sayang sepakannya masih membentur mistar gawang. Padahal kiper Pesut Etam tak mampu menepisnya  Borneo FC pun selamat dari kebobolan.

Kemudian Aji Kusuma yang mempunyai ruang tembak. Posisi yang cukup ideal untuk membobol gawang Pesut Etam. Sayang tendangan kaki kirinya masih terlalu lemah.

Borneo bukannya tanpa peluang. Menit ke-8 Guy Junior berhasil merobek jala Persiba melalui tandukan. Sayang wasit lebih jeli, karena dia berada di posisi offside. Kemudian Francisco Torres di menit ke-14 yang tak terkawal punya peluang. Hanya saja gagal memanfaatkan umpan dari Fajar Fathurrahman.

Lima menit berselang, gol pun tercipta. Berawal dari tendangan bebas yang membentur pagar hidup, bola liar mengarah ke kaki Fajar. Yang dengan mudah mengecoh Rahmanudin. Skor 0-1 untuk keunggulan Pesut Etam.

Memasuki menit ke-34 gantian tuan rumah yang punya peluang. Aji Kusuma sudah berhasil melewati bek Borneo FC Javlon. Sayang sepakannya terlalu kuat, bola melayang jauh di atas gawang Pesut Etam. Tiga menit berselang akhirnya Persiba menyamakan kedudukan. Memanfaatkan bola mati. Irsan Lestaluhu mengarahkan bola ke kiri gawang Borneo. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Usai turun minum, kedua tim merotasi 11 pemainnya. Permainan tampak kurang menarik. Jual beli serangan hanya berkutat di lini tengah.

*

LINI DEPAN BELUM TAJAM

Hasil tersebut tentu bukan tujuan utama pelatih Persiba Alfredo Vera. Mengingat dia ingin memberikan jam terbang pemain. Termasuk menit bermain dengan suasana pertandingan. Menahan imbang klub Liga 1 merupakan hasil yang cukup memuaskan. Vera setidaknya bisa menentukan starting eleven tim.

“Beberapa pemain sangat bagus. Bisa kita lihat, mereka cukup positif untuk pertandingan hari ini,” kata pelatih asal Argentina itu, Rabu (23/9).

Diakui Vera lini depan Persiba masih tumpul. Beberapa peluang masih gagal dimanfaatkan Aji Kusuma yang didampingi M Rasul dan Yudistira Mambrasar. Tapi dia tak mempermasalahkan. Setidaknya anak asuhnya mulai ada peningkatan kualitas di laga uji coba kedua tersebut.

“Memang masih belum maksimal. Tapi kita ada peluang bagus. Kita masih punya waktu untuk mempertajam lini depan. Masih banyak yang kita perbaiki ke depannya,” katanya.

*

MASALAH YANG SAMA

Jajaran pelatih Borneo FC pantas kecewa atas hasil imbang ini. Bukan karena gagal menangnya. Tapi karena banyaknya peluang yang dibuang oleh pemain depan. Evaluasi pun langsung digaungkan sejak wasit membubarkan pertandingan pada babak kedua.

“Semua akan diperbaiki. Tapi yang paling problem adalah attacking,” jelas Ahmad Amiruddin. Asisten pelatih Borneo FC.

Selain kurangnya ketajaman. Ketimpangan kualitas antar tim utama dan pelapis pun sangat kentara. Padahal Gomez menginginkan satu unit tim yang siap dimainkan kapan saja.

Dengan Persiba yang tampil sangat maksimal. Kualitas pemain Pesut Etam mau tidak mau terlihat secara lebih jelas. Jelang kick off Liga 1 bulan depan. Borneo tak punya banyak waktu lagi untuk bersantai. Kembali dari libur 4 bulan ternyata sangat tak mudah.

Baca juga: Mitra Kukar Dapat Titipan Pemain Impor

“Kami sangat berterima kasih pada Persiba yang sudah mengeluarkan kualitas terbaiknya,” pungkasnya.

Kurang tajamnya lini depan Borneo FC sejatinya sudah terlihat pada uji coba pertama. Lebih banyak peluang emas yang tercipta dan dibuang begitu saja. Tentu saja mereka masih punya waku untuk membenahinya. (fdl/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar