Bupati Mahulu Resmikan Gedung SDN 007 Mamahak Besar

Ujoh Bilang, nomorsatukaltim.com – Tak sia-sia program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) selama empat tahun terakhir, di 50 kampung pada 5 kecamatan se-Mahulu.

Salah satunya, pembangunan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Kampung Mamahak Besar, Kecamatan Long Bagun. Dibangun selama 3 tahun, kini telah rampung dan siap digunakan untuk proses belajar mengajar.

Gedung SDN 007 Mamahak Besar dibangun permanen berbahan beton, menggunakan APBD Mahulu tahun 2017, 2018, dan 2019, dengan biaya total sebesar Rp 16 miliar. Gedung ini telah diresmikan penggunaannya oleh Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh SH, Selasa (22/9/2020)

“Pembangunan gedung SDN 007 Kampung Mamahak Besar merupakan model Sekolah Dasar Terpadu, sekolah model percontohan di Mahulu,” kata Bupati mengawali sambutannya.

Bupati Bonifasius mengatakan, Gedung SDN 007 Mamahak Besar dibangun lengkap dan permanen. Sebelumnya sekolah itu bernama SDN 017 Mamahak Besar. Sekolah itu sudah berusia 100 tahun lebih.

Bupati Mahulu Resmikan Gedung SDN 007 Mamahak Besar

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh SH, diampingi sejumlah kepala OPD dan para tokoh masyarakat, meresmikan gedung permanen SDN 007 Mamahak Besar, Selasa (22/9/2020).(Imran/Nomor Satu Kaltim)

“Saya sempat sekolah dan lulus di SDN 017 ini. Saya minta Kepala Dinas Pendidikan Mahulu membangun sekolah itu sebagai SD Percontohan Terpadu di Mahulu, dengan fasilitas lengkap,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, setelah gedung dibangun permanen, sekolah itu juga perlu tenaga pendidik handal serta manajemen internal sekolah harus dibenahi. Sehingga nantinya bisa mendapat Akreditasi A.

“Pelayanan dan tingkat kelulusan bagus. Kalau ada dua sekolah seperti ini maka bisa masuk standar nasional,” tegas Bonifasius.

Bupati Bonifasius bercita-cita, agar setiap kecamatan di Mahulu harus dibangun sekolah terpadu pada satu kawasan. Yaitu mulai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, dan SMA.

“Sekolah dengan fasilitas lengkap diharap kualitas kelulusan generasi Mahulu bagus. Saat ini hampir tidak ada lagi masyarakat Mahulu yang buta aksara. Kecuali orang tua dahulu. Ke depan saya berharap rata-rata orang Mahulu sarjana,” tuturnya.

Bupati Bonifasius menyebut, SDN terpadu dan model pertama tersebut dibangun di Kampung Mamahak Besar. Dia memohon kepada masyarakat agar bersama menjaga fasilitas itu dengan baik. Menurutnya, itu salah satu bentuk berkontribusi memberi berkat untuk orang lain.

“Saya minta guru atau tenaga pendidik serta manajemen sekolah menguatkan standar nasional. Jangan sampai gedung baik tapi tidak ada kualitas. Perbaiki manajemen internal tenaga pendidik,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Mahulu, Veridiana Hendoq dalam laporannya di hadapan Bupati mengatakan, Gedung SDN 007 Mamahak Besar dibangun selama 3 tahun.

“Menggunakan APBD Mahulu sejak tahun 2017. Pada 2018 tidak dilanjutkan pembangunannya, karena Disdik tidak sempat mengajukan anggaran. Berlanjut pembangunannya pada tahun 2019 dan 2020 hingga selesai,” tegasnya.

Jumlah anggaran yang digunakan membangun SDN 007 Mamahak Besar totalnya Rp 16.374.277,00. Selain ruang belajarmengajar, juga dibangun sejumlah gedung penunjang dalam komplek terpadu.

“Pembangunan 6 ruang kelas serta ruang belajar dengan fasilitas penunjang lengkap. Ruang kantor terpadu, ruang kepala sekolah dan ruang guru, perpustakaan, aula, kantin siswa, menara air, serta biaya pematangan lahan, dan juga pembangunan 3 unit rumah dinas guru,” katanya.

“Semoga SDN 007 Mamahak Besar menjadi terobosan terbaik untuk dunia pendidikan Mahulu kedepan,” tandasnya.

Petinggi Kampung Mamahak Besar, Bibing SSos mengaku sangat antusias terhadap pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Mahulu, salah satunya Gedung SDN 007 tersebut. Dia menyebut ucapan terima kasih masyarakat kepada Pemkab.

“Sangat luar biasa pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Mahulu dibawah pimpinan Bapak Bupati Bonifasius Belawan Geh. Sebagai sekolah percontohan, kami berharap semua fasilitasnya kedepan lengkap,” tandasnya.

Bupati Mahulu Resmikan Gedung SDN 007 Mamahak Besar

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh SH, diampingi sejumlah kepala OPD dan para tokoh masyarakat, meresmikan gedung permanen SDN 007 Mamahak Besar, Selasa (22/9/2020).(Imran/Nomor Satu Kaltim)

Perlu diketahui, bersamaan dengan itu dilakukan Misa Pemberkatan yang dipimpin oleh Pastor Oktavianus Bruno Mithe, didampingi langsung oleh Bupati Bonifasius Belawan Geh SH, serta seluruh kepala OPD dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Seluruh ruangan kelas dan kantor terpadu SDN 007 Mamahak Besar dilakukan Doa Pemberkatan.

“Menguatkan kerja sama antar guru, murid, dan orang tua murid, serta masyarakat. Semoga sekolah ini terus menciptakan generasi luar biasa dari Kampung Mamahak Besar,” kata Pastor Barce.

Hadir pula dalam kesempatan itu para kepala OPD di lingkup Pemkab Mahulu, para aparatur kampung Mamahak Besar, para tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda, (adv/imy/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar