Terima 15 Kg per Bulan

Bansos berupa beras 15 kg diberikan per bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).(Renata/Disway)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Bantuan sosial beras 15 kilogram (kg) didistribusikan pekan depan. Oleh Dinas Sosial (Dinsos) Berau.

Bantuan beras tersebut didistribusikan per bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Keluarga Dinsos Berau, Selamet Hariadi menjelaskan, bansos itu merupakan program tambahan. Sesuai instruksi Kementerian Sosial.

Sebab ekonomi masyarakat masih terganggu dengan pandemik COVID-19 yang belum mereda. Menurut Selamet, bansos beras akan berlangsung selama 3 bulan. Agustus, September dan Oktober.

Setelah Oktober, Slamet mengaku belum ada kepastian dari pusat, apakah berlanjut atau tidak.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

“Belum kami distribusikan, masih menunggu pihak ketiga dan surat edaran dari pusat. Tapi rencana minggu depan sudah akan tersalur di Kecamatan Tanjung Redeb. Jadi mulainya di September ini,” jelasnya, Minggu (20/9).

Diungkapkan, penerima PKH yang terverifikasi di Dinas Sosial Berau sebanyak 3.139. Terdiri untuk ibu hamil, anak usia dini, penyandang disabilitas dan lansia. Juga pelajar SD, SMP dan SMA.

Data tersebut termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Slamet mengaku berupaya menyalurkan secepatnya. Sebab bantuan itu sangat dibutuhkan.

Selain itu, ada bantuan untuk PKH. Nominal untuk ibu hamil dan anak usia dini yang sebelumnya Rp 2,4 juta, naik menjadi Rp 3 juta. Disabilitas dan lansia mendapatkan nominal yang sama, yaitu Rp 2,4 juta.

“Harapan kami tersalurkan dengan cepat. Kita akan upayakan,” tandasnya. (*)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: