Belum Ada Penerbangan Reguler di Bandara Melalan Kubar

Usai Nam Air membatalkan penerbangan perdana. Belum ada maskapai lain yang berani berinvestasi di bandara Kubar.

Sendawar, nomorsatukaltim.com –  Penantian masyarakat Kabupaten Kutai Barat (Kubar) masih berlanjut. Setelah pembatalan penerbangan perdana oleh perusahaan Nam Air di Bandara Melalan Sendawar pada 7 Agustus lalu, hingga kini belum ada satupun armada yang mengisi slot penerbangan reguler di Bandara Melalan.

“Belum ada penerbangan. Sudah dua kali pertemuan dengan Pemkab Kubar. Kami (Otoritas Bandara Melalan) sudah melaporkan kondisi batalnya Nam Air terbang di Kubar kepada Pak Bupati dan Wabup,” jelas Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Melalan Sendawar, Sumariyanto kepada nomorsatukaltim di Sendawar, Minggu (20/9).

Hingga saat ini, perusahaan Nam Air yang sejak awal berencana melakukan penerbangan reguler mengisi slot di Bandara Melalan, belum juga mendapat armada carter pesawat dengan type ATR 42.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Kami masih berkoordinasi dengan Nam Air. Sebagai otoritas bandara kami tetap  berusaha agar segera ada  penerbangan reguler di Bandara Melalan,” tutur Sumariyanto.

Meskipun nantinya Nam Air tidak jadi mengisi slot penerbangan di Bandara Melalan, jika ada perusahaan armada lain yang siap melakukan penerbangan akan diterima. “Asalkan sesuai petunjuk kementerian,” tukasnya.

Saat ini penerbangan di Bandara Melalan Sendawar hanya diisi oleh penerbangan perintis bersubsidi rute Sendawar-Datah Dawai, Mahulu-Samarinda, dan pesawat carter Sendawar-Balikpapan.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3

Perwakilan Nam Air wilayah Kubar di Melak, belum berhasil dikonfirmasi.

Terkait kondisi belum ada penerbangan reguler yang melayani transportasi udara di Bandara Melalan Sendawar, Dinas Perhubungan Kubar tidak bisa berbuat banyak.

Baca juga: PPU Mampu Tarik Minat Wisatawan Mancanegara

“Semua itu adalah kewenangan otoritas UPBU Melalan Sendawar. Dishub hanya menunggu arahan Pemkab Kubar. Namun berharap agar bisa secepatnya ada penerbangan reguler di bandara itu,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kubar, Rakhmat kepada nomorsatukaltim.(imy/ava)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: