Balikpapan Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Asia Flek League Indonesia

Di turnamen ini, pengurus pickleball Balikpapan hanya akan menjadi penyelenggara saja. Regulasi pertandingannya mengikuti intruksi induk olahraga di Amerika Serikat.

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Aktifnya olahraga pickleball membuat Balikpapan bakalan ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara Asia Flek League Indonesia. Olahraga pendatang baru itu memang belum masuk olahraga prestasi. Tapi perkembangannya cukup pesat di Kota Minyak.

Mulai di SD Kemala Bhayangkari Balikpapan Kota, SD N 009 Balikpapan barat, SD N 011 Balikpapan utara, SMAN 5 hingga SMKN 1 menjadi tempat arena latihan olahraga asal Amerika Serikat itu.

“Pendaftaran mulai dilakukan sejak September sampai 20 Oktober nanti. Semua melalui online di aplikasi pickleball yang dikelola di Amerika Serikat,” kata Sekretaris Umum Balikpapan Pickleball Pargiyanto, Ahad (20/9/2020).

Pargiyanto menambahkan Balikpapan memang kota yang paling aktif di Indonesia. Hal itu membuat Amerika Serikat sebagai induk tidak berpikir dua kali. Bahkan atlet pickleball Balikpapan diminta berpartisipasi di Liga Mahasiswa 2021 nanti, di Thailand.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

 “Kejuaraan nanti pasti dengan protokol kesehatan ketat. Karena masih pandemi dan sistem online, kemungkinan hanya diikuti atlet Balikpapan saja,“ jelasnya.

Baca juga: Persiba Coba Perbaiki Transisi

Baharuddin selaku ketua panitia pelaksana pertandingan mengatakan bahwa semua pertandingan bakal diatur oleh Asia Federation Pickleball (AFP). Baik bagan dan jadwal turnamen, nilai poin maupun hal lain. Balikpapan hanya sebagai tempat penyelenggaraan saja.

“Untuk kelas yang dipertandingkan rencananya akan memainkan ganda campuran, ganda putra-putri serta single putra dan putri,” katanya.

Turnamen tersebut rencananya masuk dalam rangkaian menyambut hari jadi pickleball Oktober mendatang dan November pertandingan dilaksanakan. (fdl/ava)

Saksikan video menarik berikut ini: