Rancangan KUA-PPAS APBD 2021 Masuk DPRD Kaltim

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Pemprov Kaltim melalui TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) mulai melakukan penyusunan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021. Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) kabarnya telah rampung.

“Untuk APBD murni (2021), dari pemerintah sudah menyampaikan rancangan KUA-PPAS. Sudah (diserahkan) ke DPRD. Sekitar pekan lalu,” kata M. Sa’duddin, salah satu anggota TAPD Pemprov Kaltim yang juga kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim, Minggu (20/9/2020)

Pihaknya, lanjut Sa’duddin, tinggal menunggu jadwal pembahasan KUA-PPAS tersebut oleh DPRD. Dalam hal ini, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim. “Tinggal tunggu jadwal pembahasan. Kami menunggu undangan dari DPRD, kapan itu akan dibahas,” ujarnya.

APBD 2021 paling lambat disahkan akhir November 2020. Proses pembahasannya, ketika KUA-PPAS disetujui bersama, antara pemerintah dan DPRD, prosesnya berlanjut ke nota penjelasan keuangan.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Pemprov membuat nota penjelasan keuangan. Kemudian disampaikan ke DPRD. Ditanggapi DPRD (oleh fraksi-fraksi), kemudian tanggapan DPRD, dijawab lagi oleh pemerintah. Lalu persetujuan (pengesahan) APBD,” jelasnya.

Sementara untuk besaran pendapatan dan belanja pada rancangan KUA-PPAS yang telah diserahkan ke DPRD itu, Sa’duddin belum bisa membeberkan.

“Itu masih rancangan. Dan masih (akan) dibahas. Bisa berubah. Jadi belum bisa diekspos,” tuturnya. (sah/zul)

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3
kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: